Home / Bisnis & Kuliner

Jumat, 26 Mei 2023 - 16:59 WIB

Ternyata Orang Jepang Terbiasa Konsumsi Kunyit Demi Kesehatan Lambung

Defacto – Rimpang, tumbuhan berumbi yang sering digunakan sebagai bumbu masak di Indonesia, memiliki manfaat lain, yakni sebagai obat herbal yang ampuh. Masyarakat di Indonesia sejak dulu sudah memanfaatkannya, dan dikonsumsi dalam bentuk jamu.

Kunyit, salah satunya,  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dengan berbagai kandungan di dalamnya. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan penting sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, dan antiracun.

Dengan berbagai kandungan tersebut, kunyit mampu menjaga kesehatan lampung, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengatasi perut yang kembung, hingga memperbaiki fungsi liver.

PT Industri Farmasi Dan Sido Muncul Tbk telah  meluncurkan produk jamu berbahan kunyit, yang diberi nama Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus. Perusahaan jamu asal Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini membuat iklan tentang produk tersebut, agar diketahui masyarakat luas, tentang manfaat kunyit.

Baca Juga  Pagaralam Punya Kopi, Lampung Punya Nama

Sosok yang sudah mengonsumsi kunyit selama 15 tahun tersebut juga mengatakan bahwa iklan yang dibuat Sido Muncul merupakan niat baik untuk menunjukkan bahwa merokok dapat memperberat metabolisme, terutama lambung dan liver.

“Saya ingin memberikan sumbangan pengetahuan yang saya miliki supaya semua orang sehat. Dan pengetahuan tersebut akan disampaikan pada iklan ini yang bercerita tentang tradisi minum kunyit di Jepang,” kata Irwan.

Iklan Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus dibintangi oleh orang Jepang asli bernama Susumu Kawase. Ternyata kunyit bagi orang Jepang bukan sesuatu yang asing.

Susumu menuturkan, di Jepang, banyak minuman yang berbahan dasar kunyit dan dirinya mengonsumsi itu. Ia juga menuturkan bahwa di Jepang, kunyit diolah untuk menjaga kesehatan lambung. 

“Kalau di Jepang, saya senang minum kunyit dalam bentuk cair, kalau sekarang di Indonesia ada Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus,” katanya.

Baca Juga  Ganjar Pranowo dan Istrinya Bersama Mahasiswa Aceh Ziarah di Makam Pocut Meurah Intan

Dalam kesempatan yang sama, aktor Indonesia Darius Sinathrya menceritakan, dirinya selalu mengonsumsi produk Sido Muncul Natural. Bahkan, Ia sering membawa produk Sido Muncul saat sedang syuting.

“Dan sejak tahu ada soft capsule-nya, saya minum setiap hari dan selalu dibawa saat syuting. Biasanya, saya konsumsi mulai dari Sari Kunyit, sebelum ada produk Sari Kunyit Natural,” katanya.

Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus merupakan suplemen herbal dengan ekstrak tunggal kunyit yang berkualitas dan mengandung 100 mg curcuminoid dan piperine terstandar di setiap kapsul lunaknya. Kandungan tersebut dapat meringankan gangguan lambung sehingga kesehatan tubuh semakin optimal.

Selain itu, Sido Muncul Natural Sari Kunyit Plus juga hadir dalam bentuk soft capsule yang membuat kandungan ekstrak kunyit jadi lebih stabil dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga  Menunggu Keberanian Airlangga Hartarto

“Yang capsule beda, ukurannya lebih kecil (mini capsule) dibanding sebelumnya, sehingga lebih mudah ditelan. Bentuknya soft capsule jadi mudah diserap tubuh,” jelas Irwan.

Suplemen herbal ini juga diproduksi berstandar GMP/CPOTB dengan quality control yang ketat dan dianalisa di laboratorium terakreditasi dan diproses dengan lowtemperature extraction system atau teknologi ekstraksi suhu rendah untuk menjaga mutu kandungan zat aktif dalam ekstrak. Serangkaian tes dari hulu ke hilir pun dilakukan guna memastikan kualitas dan keamanan produk. 

Rangkaian uji laboratorium tersebut meliputi uji toksisitas, tes logam berat, bebas dari pupuk, pestisida, hingga aflatoksin. Kualitas produk semakin terjamin tatkala Sido Muncul melakukan tes DNA untuk memastikan produk bebas dari cemaran berbahaya dan sebagainya. (*/HT)

Share :

Baca Juga

Ayu Azhari

Berita

Ayu Azhari Mencicip Gastronosia Wedus Tugel
Pecel Pincuk

Bisnis & Kuliner

Pecel Pincuk Ndesa Berdaun Jati di Dukuh Klencongan Kabupaten Madiun

Bisnis & Kuliner

Sah! Facebook Ganti Nama Jadi Meta
Eat House

Bisnis & Kuliner

Eat House Makin Nggrowing dan Ngglowing

Berita

Ayo Makan Singkong! (Harga Beras Mahal)
Pudensari

Bisnis & Kuliner

‘’Ruh’’ Sadar Wisata Pasar Pundensari Kabupaten Madiun
Pujasera Jiwan

Berita

Pujasera Jiwan Milik BUMDesa dengan Manajemen Kekinian

Berita

AKI 2024 akan Hadir dengan Inovasi Baru