Home / Bisnis & Kuliner

Rabu, 3 November 2021 - 06:57 WIB

Masyarakat Kota Madiun Mulai Menggeliat

Kota Madiun

Kota Madiun

Suasana  Jalan Taman Praja, Pusat PKL Bunderan

DeFACTO. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Madiun memasuki level 1. Namun demikian,  geliat kegiatan masyarakat Kota Madiun sebenarnya sudah mulai terasa sejak dua minggu terakhir. Suasana kota serasa sudah bebas dari  PPKM.

Begitu pembatasan kegiatan terasa mulai agak longgar, masyarakat pun bagaikan mengalami euforia. Suasana kota sudah mulai terasa hiruk pikuknya. Tampaknya masyarakat sudah sangat jenuh dengan kondisi pengetatan selama ini.

H. Maidi Walikota Madiun

Di pusat PKL Bunderan, Jalan Taman Praja, misalnya, sudah dua minggu terakhir mulai ramai. Selain PKL sudah boleh jualan lagi, masyarakat pun sudah mulai memadati kawasan olahraga, sekadar jalan-jalan, dan berbagai jenis kendaraan yang lalu lalang. Kepadatan lalu lintas di jalan itu, khususnya di bagian selatan, sudah kembali seperti sebelum diberlakukan PPKM.

Baca Juga  Eat House Makin Nggrowing dan Ngglowing

Demikian pula di Joglo Palereman Kelun, sebuah pusat lapak UMKM di wilayah Kelurahan Kelun. Setiap malam, sekarang sudah jadi tujuan warga untuk bersantai. Apalagi hari Sabtu dan Minggu.

Satu dari Sepuluh di Jatim

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021, Kota Madiun merupakan satu dari sepuluh daerah di JawaTimur yang berstatus PPKM level 1. Sepuluh daerah kabupaten dan kota di Jatim itu adalah Situbondo, Sidoarjo, Pasuruan, Pamekasan, Madiun, Lamongan, Kota Surabaya, Gresik, Bondowoso dan Banyuwangi.  .

Baca Juga  Gerindra akan Usung Prabowo Lagi Dalam Pilpres 2024
Joglo Kelun Kota Madiun

Bukan hanya masyarakat saja, Wali Kota Madiun H. Maidi juga menyambut gembira status kota yang dipimpinya itu. Namun demikian ia tetap mengingatkan, agar masyarakat tidak euforia.

‘’Kita tetap waspada. Artinya, longgar boleh, tapi prokes harus dikedepankan. Kalau Indonesia sudah dikatakan zero kasus, ya sudah kita lepas semua. Makanya dalam kondisi ini kita harus tetap hati-hati,” tegasnya.

Baca Juga  Batik Kenongorejo, Hidup Enggan Mati Tak Mau

Sesuai Inmendagri No.57/2021, ada pelonggaran pada sejumlah sektor selama masa PPKM 1. Seperti warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka sampai pukul 22.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 75% dari kapasitas.

Kapasitas bioskop menjadi 70 persen, serta kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan, diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75% dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. * Rahayu Santosa

Share :

Baca Juga

Depot Pantes

Bisnis & Kuliner

Depot Pantes Empat Dasawarsa Pertahankan Bothok Tawon
Ayu Azhari

Berita

Ayu Azhari Mencicip Gastronosia Wedus Tugel
Batik Kenongo

Berita

Batik Kenongorejo, Hidup Enggan Mati Tak Mau
Brem Madiun

Bisnis & Kuliner

Brem Kaliabu Madiun Sudah Diekspor ke Turki

Bisnis & Kuliner

Indonesia Peringkat Ketiga Industri Fesyen Muslim

Bisnis & Kuliner

Dari Cameraman TV Beralih Jadi Pedagang Mi Ayam

Bisnis & Kuliner

Moto Village, Mall dan Tempat Kongkow Para Biker Moge
Pudensari

Bisnis & Kuliner

‘’Ruh’’ Sadar Wisata Pasar Pundensari Kabupaten Madiun