Home / Bisnis & Kuliner

Jumat, 5 November 2021 - 13:01 WIB

Menparekraf Beri 3 Tips Sukses Berusaha Bagi Pelaku Ekraf di NTB


deFACTO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tiga tips atau strategi jitu untuk meraih kesuksesan dalam berusaha bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menparekraf saat hadir dalam acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Lombok Epicentrum Mall, Mataram, NTB, Kamis (4/11/2021) menjelaskan, ada tiga tips yang diberikan, pertama adalah _cash is king_. Misalnya mengubah sistem penjualan menjadi pre-order. Dengan begitu, pelaku ekraf akan menerima uang tunai terlebih dahulu. Konsep itu disebutnya sebagai cash is king.

“Saya ingin berbagi pengalaman saya, pertama cash is king, jangan banyak ‘nyetok’ (menyimpan). Kalau di aset yang kita perlu perbanyak adalah tunai, jangan terlalu banyak membangun inventori, strategi kita adalah penjualan dan penjualan itu kita lakukan dengan pola preorder. Bagaimana kita punya keyakinan bahwa produk-produk kita dapat terjual terlebih dahulu. Oleh karena itu kita lakukan dengan strategi marketing, ada reseller, drop shipper, dan sebagainya,” katanya.

Kedua, lanjut Menparekraf Sandiaga, content is queen. Tampilan visual dari makanan atau minuman yang dijual secara daring ini sangat disarankan agar sebisa mungkin menggambarkan dan menunjukkan jati diri dari kuliner yang ditawarkan.

“Konten dari produk-produk kita ini juga penting. Produk kita memiliki kekuatan, berkualitas, dan memiliki perbedaan dengan produk-produk lain. Tadi saya jalan ke 20 booth,  konten yang diperlihatkan luas biasa bagus,” ujarnya.

Kemudian yang ketiga adalah _packaging is kingdom_, kemasan nantinya akan menentukan apakah produk yang dimiliki para pelaku ekraf punya keunggulan atau perlu perbaikan. Kemasan dinilai penting karena mendorong daya beli. Kalau kemasan tidak menarik dan kurang baik tentu usaha yang ada menjadi tidak optimal.

“Untuk itu Kemenparekraf memiliki program Bedah Desain Kuliner Nusantara (BEDAKAN). Dan jangan lupa suatu brand atau nama adalah doa. Jadi kalau namanya misalnya Roti Niat Baik, Insya Allah hasilnya juga baik,” katanya.

Baca Juga  HADIAH CINTA Jalan Hidup
Menteri Parekraf, Sandiaga Uno (Foto: Biro Komlik Kemenparekraf)

Menparekraf berharap, ketiga strategi itu dapat diimplementasikan langsung oleh pelaku ekraf di NTB, terlebih menjelang perhelatan event internasional World Superbike (WSBK) 2021 pada 19 November 2021 di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga  Pembangunan Gedung Terminal Penumpang di Pelabuhan Sanur Dimulai

“Kami berharap hal itu bisa dipraktikkan langsung. Jadi menjelang WSBK produk-produk ekraf NTB bisa ambil bagian dalam perhelatan internasional tersebut dengan kualitas produk yang sudah naik kelas,” katanya.

Baca Juga  Perekat Nusantara Nilai Pengangkatan 57 eks Pwgawai KPK jadi ASN Polri Langgar 3 UU

Saat menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Mataram, Turut hadir bersama Menparekraf Sandiaga, Ibu Gubernur NTB Niken Zulkieflimansyah, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto, Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf  Yuke Sri Rahayu.

Saat acara creative talk show juga menghadirkan narasumber pelaku ekraf Sally Geovani selaku founder Batik Trusmi serta Indah Purwanti owner Indah Mutiara Lombok.

Share :

Baca Juga

Bisnis & Kuliner

Andri Pemilik Likewise Coffee : Jualan Sambil Bersedekah

Berita

Belanja Ekstra Murah dari Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia
Pudensari

Bisnis & Kuliner

‘’Ruh’’ Sadar Wisata Pasar Pundensari Kabupaten Madiun
Duta Kopi Besemah

Berita

Lagi, Pagaralam Gelar Besemah Coffee Exhibition

Bisnis & Kuliner

bank bjb Perluas Kolaborasi dengan BP Rebana untuk Pengembangan Kawasan Rebana

Bisnis & Kuliner

Sah! Facebook Ganti Nama Jadi Meta
Brem Madiun

Bisnis & Kuliner

Brem Kaliabu Madiun Sudah Diekspor ke Turki
Tatang

Berita

Garden Consultant Indonesia dari Cihideung hingga Korea