Home / Berita

Senin, 29 November 2021 - 06:44 WIB

Rotary Madiun Rencanakan Kontainer Pendidikan

Baksos Rotary Distrik Madiun

Baksos Rotary Distrik Madiun

DeFACTO.id – Beraktivitas dalam kegiatan sosial kemanusiaan yang bermanfaat dan bermartabat merupakan aktivitas para rotarian, atau anggota Rotary Club International., termasuk distrik Madiun. Dari yang skala besar maupun skala kecil pun dilakukan.

Untuk yang skala besar misalnya, awal bulan November ini telah diserahkan proyek sanitasi di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Proyek untuk membuat sumur bor kedalaman 100 meter dan mengalirkan ke rumah penduduk, menelan biaya lebih dari  Rp 1M. Proyek itu telah diserahkan oleh Presiden Rotary Distric Madiun Pulus Sutikno dan diterima langsung oleh Kades Klepu Andreas Gimin.

Baca Juga  Pembunuhan Karakter di Serpihan Konflik Jawa Pos Surabaya

Kegiatan skala besar semacam itu dipikul bersama beberapa distrik Rotary dan didukung pula oleh Rotary International.

Bahkan saat ini Rotary Club Central sedang merencanakan pembuatan Kontainer Pendidikan. Ontainer ini merupakan rumah belajar untuk membantu mengedukasi pelajar mulai dari SD, SMP, SMTA secara gratis. Program ini bekerja sama dengan tenaga pendidik dan sekolah-sekolah tentunya,’’ kata PP Isnu Haryanto.

Selain skala besar, skala kecil pun dilakukan secara periodik. Misalnya setiap Sabtu selalu diadakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. Seperti Sabtu lalu, bekerjasama dengan Nakes Kejuron dilakukan di Lapangan Gulun. Sekaligus juga membagikan nasi bungkus gratis.

Baca Juga  Bu Risma Serahkan Bantuan untuk Komunitas Adat Terpencil Papua di Daratan Rawan Bencana

“Setiap  hari Sabtu pagi kami selalu mengadakan bakti sosial dengan memberikan tensi darah gratis serta pembagian nasi bungkus kepada masyarakat yang sedang berkunjung di lapangan gulun Kelurahan Kejuron. Dengan bekerja sama dengan tenaga kesehatan Kelurahan Kejuron itu sendiri,” ungkap PP Isnu Haryanto. PP adalah singkatan dari Past Presiden.

Pak Isnu dan Bu  PP Purwani Sudjinarti PHF pun menyampaikan berbagai aktivitas Rotary Distrik Madiun. Seperti jamban keluarga, bedah rumah, membantu lansia telantar  serta  baksos rutin.

Baca Juga  Pariwangi, Batik Unggulan Desa Ngampel Mejayan Kabupaten Madiun

‘’Lansia telantar kami titipkan ke panti jompo,’’ ungkapnya.

Belum lama ini juga, Rotary Madiun Central berkolaborasi dengan Rotary Solo Raya untuk mengadakan penghijauan. Yakni menyumbangkan 500 pohon di Rowo Bening. Acara itu  dihadiri oleh Ketua Kartini Solo , Ketua Club dan juga Wali Kota  Madiun Maidi. Bersamaan dengan pelantikan Maidi dan Inda Raya  sebagai Anggota Kehormatan Rotary Club.*  Yuliana

Share :

Baca Juga

Berita

Bens Leo, Jurnalis yang Menyenangkan Semua Orang

Berita

Perpres 19/2024 Diharap Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional

Berita

Kelapa Jadi Denyut Kehidupan Kabupaten Indragiri Hilir

Berita

Striker Barcelona Sergio ‘Kun’ Aguero Gantung Sepatu Lebih Awal, Ini penyebabnya

Berita

Ahli: Pelimpahan IUP oleh Mardani Maming Tidak Langgar UU Minerba
Astronot

Berita

Jepang Targetkan Kirim Astronot ke Bulan
AIRLANGGA HARTARTO

Berita

Airlangga Hartarto Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe

Berita

Gubernur Anies Baswedan Melepas Tim Wartawan Jakarta Menuju Piala Walikota Solo 2022