Home / Berita

Senin, 29 November 2021 - 06:44 WIB

Rotary Madiun Rencanakan Kontainer Pendidikan

Baksos Rotary Distrik Madiun

Baksos Rotary Distrik Madiun

DeFACTO.id – Beraktivitas dalam kegiatan sosial kemanusiaan yang bermanfaat dan bermartabat merupakan aktivitas para rotarian, atau anggota Rotary Club International., termasuk distrik Madiun. Dari yang skala besar maupun skala kecil pun dilakukan.

Untuk yang skala besar misalnya, awal bulan November ini telah diserahkan proyek sanitasi di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Proyek untuk membuat sumur bor kedalaman 100 meter dan mengalirkan ke rumah penduduk, menelan biaya lebih dari  Rp 1M. Proyek itu telah diserahkan oleh Presiden Rotary Distric Madiun Pulus Sutikno dan diterima langsung oleh Kades Klepu Andreas Gimin.

Baca Juga  Bamsoet Dorong Inpres Tentang Pembangunan Monumen Nasional Bela Negara

Kegiatan skala besar semacam itu dipikul bersama beberapa distrik Rotary dan didukung pula oleh Rotary International.

Bahkan saat ini Rotary Club Central sedang merencanakan pembuatan Kontainer Pendidikan. Ontainer ini merupakan rumah belajar untuk membantu mengedukasi pelajar mulai dari SD, SMP, SMTA secara gratis. Program ini bekerja sama dengan tenaga pendidik dan sekolah-sekolah tentunya,’’ kata PP Isnu Haryanto.

Selain skala besar, skala kecil pun dilakukan secara periodik. Misalnya setiap Sabtu selalu diadakan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. Seperti Sabtu lalu, bekerjasama dengan Nakes Kejuron dilakukan di Lapangan Gulun. Sekaligus juga membagikan nasi bungkus gratis.

Baca Juga  Bu Yuli 40 Tahun Tak Pernah Pindah dari SMPN 2 Madiun

“Setiap  hari Sabtu pagi kami selalu mengadakan bakti sosial dengan memberikan tensi darah gratis serta pembagian nasi bungkus kepada masyarakat yang sedang berkunjung di lapangan gulun Kelurahan Kejuron. Dengan bekerja sama dengan tenaga kesehatan Kelurahan Kejuron itu sendiri,” ungkap PP Isnu Haryanto. PP adalah singkatan dari Past Presiden.

Pak Isnu dan Bu  PP Purwani Sudjinarti PHF pun menyampaikan berbagai aktivitas Rotary Distrik Madiun. Seperti jamban keluarga, bedah rumah, membantu lansia telantar  serta  baksos rutin.

Baca Juga  Pelatihan Membatik di Eat4Nation & Art Galery, Caruban, Madiun

‘’Lansia telantar kami titipkan ke panti jompo,’’ ungkapnya.

Belum lama ini juga, Rotary Madiun Central berkolaborasi dengan Rotary Solo Raya untuk mengadakan penghijauan. Yakni menyumbangkan 500 pohon di Rowo Bening. Acara itu  dihadiri oleh Ketua Kartini Solo , Ketua Club dan juga Wali Kota  Madiun Maidi. Bersamaan dengan pelantikan Maidi dan Inda Raya  sebagai Anggota Kehormatan Rotary Club.*  Yuliana

Share :

Baca Juga

Berita

Panglima TNI Pecat Tiga Anggota TNI-AD Pelaku Tabrak Lari di Nagreg

Berita

Siap-siap, Hoverbike Sebentar Lagi Meluncur
Tirtonadi

Berita

Wajah Baru Tirtonadi Bukan Sekadar Terminal Biasa
Mafia tanah

Berita

Uang dan Sertifikat Ibunda Nirina Zubir di Gunung Putri dan Bogor Juga Digasak Mafia Tanah!
Jodglo Kelun

Berita

Joglo Palereman Kelun Kota Madiun, Moncer di Masa Pandemi

Berita

Jakarta Harus Tentukan New Positioning Jika Ibukota Pindah

Berita

Ganjar Pranowo Jadi Presiden Kalau Mampu Naikan UMP 2021 di Jateng
Batik Kenongo

Berita

Batik Kenongorejo, Hidup Enggan Mati Tak Mau