Home / Berita

Selasa, 2 Juli 2024 - 08:53 WIB

Kemenhub Selenggarakan Diklat Pembangunan Karakter Kepemimpinan

Bandung, Defacto  – Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan menyelenggarakan Diklat Pembangunan Karakter Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, Wisnu Handoko di Balai Pendidikan dan Pelatihan Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT) Bandung, pada Senin. (1/7)

Pada kesempatan ini ia menyampaikan, pentingnya kepemimpinan transformasional untuk mengatasi tantangan sumber daya di instansi pemerintahan dalam mencapai tujuan pengabdian serta sumbangsihnya kepada organisasi, terutama dalam cara bekerja yang efektif, efisien, ekonomis dan produktif.

“Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh instansi pemerintahan adalah kurangnya Sumber Daya yang memadai untuk mengimplementasikan program – program pemerintah. Dengan demikian, diperlukan sebuah kepemimpinan yang mampu mengatasi permasalahan ini dengan cara yang berbeda. Inilah yang disebut dengan Kepemimpinan Transformasional”, ujarnya.

Baca Juga  Melihat Penampilan "Frank Sinatra" Muda Indonesia Alonzo Brata

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, Diklat ini bertujuan untuk membekali para calon pemimpin pengawas dengan kemampuan dalam penerapan gaya kepemimpinan yang efektif dan fleksibel sesuai dengan situasi yang dihadapi, karena kepemimpinan merupakan inti manajemen yang merupakan penggerak bagi Sumber Daya dan segala fungsi manajemen serta alat lainnya.

“Dalam rangka mempersoalkan gaya-gaya kepemimpinan hendaknya jangan beranggapan bahwa seorang individu dapat atau harus mempertahankan gaya konsisten dalam semua aktivitasnya. Justru sebaliknya, harus bersifat se-fleksibel mungkin, dan menyesuaikan gayanya dengan situasi spesifik”, jelasnya.

Baca Juga  Bidadari JK Record Heidy Diana Muncul Lagi

Pada akhir sambutannya, ia juga menyampaikan harapan bagi para peserta dan apresiasi kepada para fasilitator, pelatih, narasumber, dan seluruh tim penyelenggara atas dedikasi mereka dalam pelaksanaan peningkatan SDM melalui diklat ini.

“Saya berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pengajar, dan tidak lupa pula saya sampaikan kepada para fasilitator, pelatih, narasumber dan elemen penyelenggara atas dedikasinya dalam pelaksanaan peningkatan SDM melalui diklat ini”, tutupnya

Baca Juga  Sido Muncul Pemenang I SDGs Award Kategori Pelaku Usaha Besar Terbaik

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP3KSDMT Bandung, Mafrisal, menyampaikan bahwa kegiatan Diklat Pembangunan Karakter PKP ini diikuti peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari PKP angkatan 97 berjumlah 40 orang dan angkatan 98 berjumlah 40 orang.

“Diklat dengan jumlah 80 peserta ini dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 1 s.d. 5 juli 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam memenuhi standar kompetensi manajerial Pengawas, meliputi moral, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas organisasi”, pungkasnya. (*MB)

Share :

Baca Juga

Berita

Korsa Marhaen Dukung Ganjar Pranowo
Anthony Joshua

Berita

Tarung Ulang Oleksandr Usyk vs Anthony Joshua dalam Waktu Dekat
Ayu Azhari

Berita

Ayu Azhari Mencicip Gastronosia Wedus Tugel
Tatang

Berita

Garden Consultant Indonesia dari Cihideung hingga Korea

Berita

Wawancara Laksamana Sukardi: Belenggu Nalar a State Crime

Berita

Marhaen, Sambo dan Oligarki

Berita

Menparekraf Dukung Penindakan Tegas Bagi Wisman yang Langgar Aturan

Berita

Kelapa Jadi Denyut Kehidupan Kabupaten Indragiri Hilir