Home / Berita

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:43 WIB

Iqbal Irsyad Susul Kesit Daftar Calon Ketua PWI Cabang Jakarta

Defacto, Jakarta – Wartawan senior Mohammad Iqbal Irsyad, resmi mendaftar sebagai Calon Ketua PWI DKI Jakarta periode 2024-2029. Dengan diantar oleh sejumlah Timsesnya dari berbagai wilayah Jakarta, Iqbal menyerahkan berkas persyaratannya, Senin (18/3/2024), kepada Ketua Panitia Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Jaya 2024, Budi Nugraha di Sekretariat PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya. Nampak hadir Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Kamsul Hasan, yang datang mengenakan kursi roda.

“Bismillah, dengan dukungan dari semua kawan, saya secara resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua PWI DKI Jakarta untuk periode mendatang. Bersama-sama, kita berikhtiar menjadikan PWI DKI Jakarta sebagai wadah yang berkualitas, berintegritas, dan berdampak positif bagi pemerintah dan masyarakat dalam ekosistem informasi yang sehat, serta tetap menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik PWI,” ujar Iqbal Irsyad usai menyerahkan berkas.

Baca Juga  Kim Jong Un: Korea Utara Ternakkan Angsa Hitam untuk Pasokan Krisis Pangan

Iqbal Irsyad adalah wartawan senior yang berkecimpung di dunia pers sejak 25 tahun lalu. Iqbal pernah bekerja di media cetak, infotainmen dan televisi. Saat ini, alumnus IISIP Jakarta dan S2 Manajemen sebuah perguruan tinggi ini, menjabat sebagai Pemimpin Redaksi media online Voice of Indonesia (VOI).

Di organisasi Iqbal termasuk sosok yang cukup dikenal. Ia telah menjadi Anggota PWI sejak tahun 1999 dan juga Asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Lembaga Uji PWI Pusat.

Jika terpilih sebagai Ketua PWI Cabang Jakarta, Iqbal bertekad  akan memperluas jangkauan organisasi PWI DKI Jakarta dengan orientasi yang berkala, sambil menjaga standar kualitas anggota melalui proses seleksi yang ketat, untuk menghasilkan SDM yang unggul dan dapat diandalkan di masa depan.

Baca Juga  Polisi Abaikan Judi di Sepakbola

“Kita akan membentuk anggota PWI DKI Jakarta yang kompeten dan setia pada prinsip-prinsip Kode Etik Jurnalistik serta kode perilaku wartawan,” tambahnya.

Setelah Iqbal Irsyad mendaftar sebagai Calon Ketua PWI Cabang Jakarta, kini sudah ada dua angota PWI yang mencalonkan diri. Sebelumnya, wartawan senior Kesit Budi Handoyo telah lebih dulu mendaftarkan diri,  pada Kamis (14/3/2024) di tempat yang sama.

Kesit B Handoyo, yang selama ini dikenal sebagai pengamat dan komentator sepak bola andal, sudah berkecimpung di organisasi PWI Jakarta sejak hampir 20 tahun silam.

Wartawan olahraga senior ini pernah memimpin Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jaya pada periode 2004-2009, wakil sekretaris 2014-2019, dan sekretaris PWI Jakarta pada periode 2019-2024.

Baca Juga  Ayo Makan Singkong! (Harga Beras Mahal)

Kesit menegaskan, di era disrupsi media dan di mana media sosial lebih disukai kaum muda, menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk mengembalikan marwah PWI sebagai organisasi besar.

“Ke depan, apa yang harus kita lakukan, memang lebih berat. PWI harus menjadi organisasi profesi kewartawanan yang kuat,” kata Kesit.

Balon Ketua DKP yang sudah mendaftar adalah Muhammad Theo Yusuf, wartawan senior yang sebelumnya sudah menjadi anggota DKP. Dua anggota DKP PWI Jaya 2019-2024, yakni Berman Nainggolan dan Irdawati, ikut mendaftar. Dua balon lainnya adalah Edison Siahaan dan Toto Irianto. (hw)

Share :

Baca Juga

Berita

Top! Indonesia Beli Pesawat Angkut Hebat. Lebih Besar Dari Hercules C-130

Berita

Indonesia Ambil Bagian dalam Marpolex 2024 di Bacolod City, Filipina

Berita

Lawatan ke Eropa dan Timur Tengah, Presiden Jokowi Bawa Komitmen Investasi 600 T Lebih

Berita

Sisik Melik Biaya Komitmen Ajang Balap
Lukisan David Allen

Berita

Galeri Nasional Skotlandia Selamatkan Lukisan Langka Abad 18, Bergambar Wanita Kulit Hitam

Berita

Gerakan Melawan Stunting HaloPuan Masuki Kota Moci

Berita

Catatan Akhir Tahun IPW : Listyo Sigit Belum Mampu Hadirkan Polri yang Presisi

Berita

Polres Bandara Justru Jadi Korban Kasus Keributan Anggota DPR Arteria Dahlan dan “Anak Jenderal”