Home / Berita / Wisata & Budaya

Kamis, 18 November 2021 - 16:25 WIB

Bersaing dalam Kreasi, Pariwisata Pagaralam Naik Daun

Sepeda gantungdi Tugu Rimau

Sepeda gantungdi Tugu Rimau

deFACTO.id – menjelang liburan tahun baru seperti sekarang ini, Kota Pagaralam (Provinsi Sumatera Selatan), akan diramaikan wisatawan. Mereka umumnya datang dari kabupaten/kota tetangga, Palembang, Bengkulu, Jambi, bahkan Jakarta. 

Diprediksi, liburan pergantian tahun 2021-2022 akan menjadi moment spesial, hajatan besar, bagi pelaku dan pengusaha jasa pariwisata di Pagaralam. 

Camping ground Kenun Saya Dempo

Asal diketahui, praktis selama 3 tahun ini, Kota Pagaralam dilanda “musibah pariwisata”. Sebelumnya wisatawan “takut” datang ke Pagaralam karena berita adanya harimau turun gunung dan berkeliaran di pemukiman warga. 

Baca Juga  Wisata Puncak Gunung Dempo, Oii Indahnya!

Ada pula bus penumpang yang terjun bebas di liku Lematang dan menewaskan seluruh  penumpangnya. Musibah berikutnya akibat Pandemi Covid-19 yang juga dirasakan oleh hampir seluruh negara di dunia.

Home stay dan spot selfie Rumah Terbalik

Namun demikian, selama 3 tahun dirundung paceklik, tidak membuat para pelaku pariwisata patah semangat. Segala kendala itu malah seperti memotivasi mereka dalam berkreasi menghadirkan atraksi baru. 

Baca Juga  Sandera Gibran

Selama paceklik, di kawasan Gunung Gare dan Dempo Dempo misalnya telah dibangun camping ground Kebun Raya Dempo, Orchid Hotel, Homestay & Rumah Terbalik,  gramping DeCabin Villa Besemah, dll

Air terjun Tujuh Kenangan

Di Pelangkenidai (Sungai Lematang) ada Rizal Camping Ground. Di kawasan Cawangbaru ada Ozil Garden. Di Tanjungaro ada Waterboom. Di Tebatlereh ada Cughup Napal Kuning, dll. 

Sementara obyek wisata yang sudah ada sebelumnya seperti Green Paradise, Cughup Mangkok, Cughup Tujuh Kenangan, cughup Pintu Langit, Desa Wisata Scopi, dll sudah pula dibenahi sedemikian rupa dengan ditambah banyak atraksi. 

Baca Juga  Ganjar Pranowo Tetap Unggul Dalam Survey
Ozil Garden

Sementara di daerah penyangga, Lahat, obyek wisata baru seperi Air Terjun Sindang Panjang, Ayek Pacar, dll, terus bermunculan

Sekilas, adu kreasi dan adu konsep itu tampak seperti persaingan sengit – persaingan dalam pengertian positif tentunya – karena makin banyak dan beragamnya obyek wisata dibangun di Pagaralam makin membuat kota dengan penduduk 135.000 jiwa itu makin naik daun sebagai daerah kunjungan wisata di Sumsel* HSZ

Share :

Baca Juga

Berita

Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Nataru, Bagaimana dengan Omricon?

Berita

IPW: Basmi Klitih!

Berita

Pemerintah Permudah Perizinan dan Siapkan Dana Pendamping, Agar Musisi Dunia Tampil di Indonesia

Berita

Polresta Malang Kota Ringkus Guru Tari Predator Anak
Candil

Berita

Candil Eks Seurieus Band, Rocker, Kopi dan Rocka Buga

Berita

Striker Barcelona Sergio ‘Kun’ Aguero Gantung Sepatu Lebih Awal, Ini penyebabnya

Berita

Barongsai Buatan Bogor Diminati Pembeli  dari Arab Saudi

Berita

Komite I DPD RI Dorong Revisi UU Pemilu Kembali Masuk Prolegnas