Home / Berita

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:42 WIB

Kemenhub Berhasil Evakuasi Seluruh Penumpang KM. Budi Utama

Labuan Bajo, Defacto – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui tim aksi cepat atau Quick Response Team (QRT) KSOP Kelas III Labuan Bajo telah mengevakuasi korban insiden tenggelamnya kapal tradisional pengangkut penumpang KM. Budi Utama yang berada di perairan Selatan Pulau Padar, Sabtu (22/6)

Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto mengungkapkan tim QRT kolaborasi KSOP Kelas III Labuan Bajo bersama Basarnas Labuan Bajo, Polairud dan TNI Angkutan Laut berhasil mengevakuasi dengan selamat seluruh awak kapal dan seluruh penumpang.

Baca Juga  Sekolah "Perkumpulan Mandiri" Mendidik Generasi Muda yang Tangguh dan Mandiri

“Seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi dengan selamat, selanjutnya dievakusasi menuju Labuan Bajo dengan menggunakan KM. Senada Pinishi,” ungkapnya.

Stephanus mengungkapkan kronologi awal kapal tenggelam diduga karena terseret dan tidak bisa dikendalikan karena arus kuat dan gelombang dilokasi pertemuan arus.

Baca Juga  Tiada Isak Tangis di Pemakaman Remy Sylado

“Dugaan awal kapal tenggelam dikarenakan terseret sehingga tidak dapat dikendalikan, untuk itu saya himbau agar kita semua waspada dengan adanya cuaca ekstrem,” ujar Stephanus.

Lebih lanjut Stephanus mengatakan personil dan kapal yang diturunkan yaitu Ruber Boat Basarnas dan KSOP Kelas III Labuan Bajo serta RIB Polair Polda NTT. Anggota Tim yg ke lapangan dari KSOP sebanyak 5 Personil, Polair 2 Personil, Basarnas 3 Personil dan TNI AL 1 Personil

Baca Juga  Blanket, Selimut Pelindung Orang Penting yang Harus Selalu Tersedia

“Pihak KSOP Kelas III Labuan Bajo selanjutnya mengeluarkan Notice To Mariner (NTM) dan Broadcast Securite kepada kapal-kapal yang berlayar disekitar perairan Padar dan Pulau Komodo sebagai antisipasi kecelakaan pelayaran,” tambah Stephanus (MB)

Share :

Baca Juga

Berita

Suara Hati Ganjar

Berita

Sri Mulyani Jawab Tuntutan MPR yang Minta Dirinya Dicopot
wagiman deep

Berita

Wawancanda Wagiman Deep: Survei Capres yang Membagongkan

Berita

Kemenhub Selenggarakan Diklat Pembangunan Karakter Kepemimpinan
Jalan lintas

Berita

Pembangunan Rel KA Layang Terpanjang Atasi Kemacetan di Simpang Joglo Solo

Berita

Anggota MUI Ditangkap, Polisi: Terkait JI dan Kotak Amal Teroris
Butet Kartaredjasa

Berita

Butet Kartaredjasa 60 Tahun Urip Mung Mampir Ngguyu

Berita

Indonesia Berada dalam Lika Liku Sejarah