Home / Berita

Jumat, 15 September 2023 - 13:03 WIB

Nyali Mahfud MD

NYALI MAHFUD MD. Saya sekali bertemu Mahfud MD, di Padepokan Bagong, waktu Butet Kartaredjasa merayakan Sawung Jabo, 6/2/2023. Ketemu dan salaman,”Saya temannya Butet.” Cuma sebatas itu. Tidak berfoto, lupa atau sungkan.

Sejak muda, Mahfud aktif di PMII, HMI, lantas guru besar di Universitas Islam lndonesia. Namanya muncul, dan mengejutkan, ketika 2008 ditunjuk Gus Dur jadi Menteri Pertahanan. Di era Gus Dur dan Jokowi, pernah jadi Menteri Kehakiman dan HAM, Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, Plt Menteri Dalam Negeri. Selain pernah jadi Anggota DPR RI, Ketua Mahkamah Konstitusi dan sejak 2019 jadi Menko Polhukam.

Baca Juga  DI BALIK REFORMASI 1998: Oposisi Terhadap Sebuah Zaman

Profesor yang tangkas berpikir ini sudah masuk wilayah Trias Politica: birokrasi, yudikatif, legislatif. Masuk dan “khatam”. Agama dan pemahamannya tentang Islam juga mumpuni. Meski berada di elite kekuasaan, Mahfud populis dan egaliter. Pembelaannya pada siswi SMP Jambi dan pertemanannya dengan Butet dkk, cukup menjelaskan.

Baca Juga  Video: Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Menjadi Anggota Kehormatan Banser

Satu lagi yang menonjol, bagi saya yang hidup di jalanan, Mahfud jujur dan punya nyali tegar. Susah menuliskannya dalam esai pendek ini. Nyalinya tercermin jelas pada kata, tindakan dan empatinya. Nyali yang elegan. Nyali yang sering membuatnya dibilang “cari panggung”, padahal yang sebenarnya terjadi adalah panggung menjemputnya. Nyali yang membuat lawan dan kawan menaruh hormat dan gentar.

Baca Juga  Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak

Ia sudah matang, lahir 13 Mei 1957, tiga tahun lebih muda dari saya. Umur yang pas untuk jadi Wakil Presiden 2024-2029. **

Harry Tjahjono
14/9/2023

Share :

Baca Juga

Putri Mako

Berita

Mantan Putri Jepang Mako dan Suaminya Memulai Hidup Baru di New York

Berita

Saksi Akui Sistem di Kemenkumham Sempat Menolak Pendaftaran PARFI

Berita

Tersangka Notaris Ina Rosaina Ditangkap Polisi, Terlibat Mafia Tanah Artis Nirina Zubir

Berita

Abimantrana

Berita

Mini Seri “The Beatles: Get Back”, Misteri Bubarnya The Beatles

Berita

Angela Tanoesoedibjo Ikuti Tradisi “Lo Hei” di Kota Medan

Berita

Miing Dukung Perjuangan Presidential Threshold 0 Persen

Berita

Gitaris Rock Toto Buka Warung Makan Asem-asem