Home / Berita

Jumat, 15 September 2023 - 13:03 WIB

Nyali Mahfud MD

NYALI MAHFUD MD. Saya sekali bertemu Mahfud MD, di Padepokan Bagong, waktu Butet Kartaredjasa merayakan Sawung Jabo, 6/2/2023. Ketemu dan salaman,”Saya temannya Butet.” Cuma sebatas itu. Tidak berfoto, lupa atau sungkan.

Sejak muda, Mahfud aktif di PMII, HMI, lantas guru besar di Universitas Islam lndonesia. Namanya muncul, dan mengejutkan, ketika 2008 ditunjuk Gus Dur jadi Menteri Pertahanan. Di era Gus Dur dan Jokowi, pernah jadi Menteri Kehakiman dan HAM, Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, Plt Menteri Dalam Negeri. Selain pernah jadi Anggota DPR RI, Ketua Mahkamah Konstitusi dan sejak 2019 jadi Menko Polhukam.

Baca Juga  Ken Setiawan: MUI Dibiayai Pemerintah tapi Jadi Sarang Oposisi

Profesor yang tangkas berpikir ini sudah masuk wilayah Trias Politica: birokrasi, yudikatif, legislatif. Masuk dan “khatam”. Agama dan pemahamannya tentang Islam juga mumpuni. Meski berada di elite kekuasaan, Mahfud populis dan egaliter. Pembelaannya pada siswi SMP Jambi dan pertemanannya dengan Butet dkk, cukup menjelaskan.

Baca Juga  Mahfud MD Dilukiskan sebagai Hakim Bao di Zaman Dinasti Song

Satu lagi yang menonjol, bagi saya yang hidup di jalanan, Mahfud jujur dan punya nyali tegar. Susah menuliskannya dalam esai pendek ini. Nyalinya tercermin jelas pada kata, tindakan dan empatinya. Nyali yang elegan. Nyali yang sering membuatnya dibilang “cari panggung”, padahal yang sebenarnya terjadi adalah panggung menjemputnya. Nyali yang membuat lawan dan kawan menaruh hormat dan gentar.

Baca Juga  Sejumlah Tokoh Tandatangani "Maklumat Juanda"

Ia sudah matang, lahir 13 Mei 1957, tiga tahun lebih muda dari saya. Umur yang pas untuk jadi Wakil Presiden 2024-2029. **

Harry Tjahjono
14/9/2023

Share :

Baca Juga

Berita

PB Majelis Mubalighin Dukung LaNyalla Jadi Presiden

Berita

Puluhan Pengacara dan LSM Anti Korupsi Bela Ketua IPW Lawan Kriminalisasi

Berita

Tim Wartawan Solo Ingin Beri Persembahan Terbaik di Piala Gibran 2022

Berita

Drew Barrymore Kenang Momen Dibonceng Keanu Reeves

Berita

Workshop Stunting HaloPuan dan IMM di Universitas Muhammadiyah Bandung

Berita

Varian Baru Covid-19 Merebak di Afrika, Ketua DPD RI Minta Segera Tutup Pintu untuk Negara Teridentifikasi
Taylor Swift

Berita

Lagu Terbaru Taylor Swift “All Too Well” Versi Panjang Berada di Peringkat 1 Billboard Hot 100
Kyai Mursyed

Berita

Dewi Kwan Im di Rumah Religi Unik Kyai Mursyed, Bulakrejo, Madiun