Home / Berita / Wisata & Budaya

Selasa, 11 Januari 2022 - 07:10 WIB

Dewi Kwan Im di Rumah Religi Unik Kyai Mursyed, Bulakrejo, Madiun

Rumah almarhum Kyai Mursyed

Rumah almarhum Kyai Mursyed

DeFACTO.id – Rumah dengan lahan yang cukup luas itu kini banyak didatangi pengunjung. Apalagi setelah diviralkan oleh netizen. Unik, karena bangunan milik Kyai Mursyed almarhum di Desa Bulakrejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun  itu dilengkapi bangunan tempat peribadatan lima umat beragama yang ada di Indonesia.

Selain masjid, juga ada gereja, vihara dan kuil.  Semua bangunan begitu lndah tertata rapi dan bersih, meski pemiliknya sudah meninggal.

Lokasinya  tidak jauh dari Kantot DPRD Kabupaten Madiun. Masuk sekitar 1 km dari jalan  raya Madiun Surabaya. Kalau dari arah Surabaya dari  lampu lalu lintas Desa Klitik, Wonoasri belok ke kanan masuk lurus ikuti jalan  aspal desa.

Baca Juga  Pariwangi, Batik Unggulan Desa Ngampel Mejayan Kabupaten Madiun

Dari situ sudah tampak  bangunan megah yang mecolok. Di  sisi atas kanan kiri  gerbang ada patung harimau yang saling berhadapan. Di tengahnya ada replika bola dunia.  Lewat jalan setapak  ada  sebuah bangunan rumah bak istana megah, mewah, luas dan lndah. Bangunan itu  dilengkapi taman yang asri lengkap  kolam ikan. Di tengah kolam itu  terdapat musala  dari kaca yang indah,

Di sekitar ada bangunan tempat ibadah lima agama yang ada di Indonesia. Yaitu agama Islam,Kristen, Budha, Hindu, Katolik.   Bahkan ada patung Dewu Kwan Im di situ. Semua bangunan begitu indah tertata rapi dan bersih.

Baca Juga  Beban Psikologis dan Trauma Bertahun-tahun Hilang Melalui Olah Pernafasan Coach Rheo

Pemilik bangunan megah ini adalah almarhum Kyai Mursyed. Menurut ceritanya, Kiai Mursyed termasuk tokoh  dihormati di Desa Bulakrejo.  Rencananya bangunan itu akan dibuat pondok  pesantren.  Tidak begitu jelas mulai kapan Kiai Mursyed mulai membangun. Namun dari informasi yang dikumpulkan, awal dibangun  baru ada 1 mushala saja. Berikutnya  dibangun tempat-tempat ibadah lain.  Tujuannya  untuk saling bersinergi antara satu agama dengan agama laen.

Kiai Mursed wafat  tahun 2007 dalam  usia 70 tahun.  Selama hidupnya  tidak menikah. Dan sekarang bangunan istana megah berlantai dua itu  ditempati  familinya yang bernama Kyai Ali Muslih seorang diri.

Sesuai wasiatnya, Kyai Ali Mursyed dimakamkan di tengah bangunan megah itu. Uniknya, makam itu dihiasi kelereng berwarna warni. Begitu pun pot-pot bunga serta lampu taman juga dihiasi kelereng kecil kecil yang tertata rapi dan lbdah.

Baca Juga  Siswa SMP 2 Kabupaten Madiun Nyungging Wayang Kardus dengan Tatah Paku

‘’Dan Kyai Mursyed mewakafkan tanan serta bangunan itu untuk dijadikan pondok pesantren  serta untuk tempat penghafal Quran (hafis Qur’an),’’ kata Kades Bulakrejo Muhammad Zaenuri kepada DeFacto.

Di hari Jumat dan hari libur tempat ini khususnya makam Pak Kyain  ramai dikunjungi peziarah untuk  berdoa. Di makan itu juga terdapat larangan tertulis yang harus dipatuhi pengujung . Yaitu dilarang membakar dupa/kemenyan atau melakukan hal-hal yang tidak semestinya. * Yuliana.

Share :

Baca Juga

Berita

Berman Nainggolan Anggap Keputusan DK PWI Tentang Pemberhentian Hendry Ch Bangun ‘Suka-Suka’

Berita

IPW : Polda Riau Bukan Polisi Syariah, Tak Patut Gerebek Pasangan Tanpa Nikah di Hotel

Berita

Patah Hati Dari Diane Lane, Jon Bon Jovi Ciptakan “You Give Love a Bad Name”

Berita

Adjat Sudrajat : Exco PSSI Biang Keladi Kebobrokan Sepakbola Indonesia!

Wisata & Budaya

Sejak Januari 2022 Wisatawan Naik Hingga Seribu Persen

Berita

FX Rudyatmo : Setelah Diberi Kemenangan PDIP Lari Tak Mau Berhenti Sehingga Banyak yang Terjerat Korupsi!

Berita

Video Langka Konser Berdarah Rolling Stones cs Ditemukan

Berita

Perintah Presiden Kepada Kapolri untuk Kawal investasi akan Membuat Polri Represif