Home / Berita

Jumat, 29 Oktober 2021 - 13:17 WIB

Breaking News! China Bangun Kapal Induk Raksasa!

DeFacto. Menggunakan tangkapan kamera satelit SAR (Synthetic Aperture Radar) milik Capella Space, yang mengintip pelabuhan di dekat kota Shanghai, China, maka tampaklah kapal induk ketiga China yang tengah dibangun!

Ukurannya luar biasa besar! Setelah dibandingkan, maka kapal induk China yang oleh pihak barat disebut Tipe-003, ukurannya satu kelas dengan kapal induk nuklir milik Amerika, USS. Gerald R Ford (CVN-78).

Citra satelit nampak kapal induk yang tengah dibuat China.

Sampai tahun 2017, kapal induk AS yang diambil dari nama presiden ke-38 ini sempat digadang-gadang sebagai kapal induk terbesar di dunia. Dibangun mulai 11 Agustus 2005, dan sudah diserahkan ke AL oleh presiden Donald Trump pada tanggal 22 Juli 2017 lalu.

Baca Juga  Dari Tiga Film “Naga Bonar” yang dibintangi Deddy Mizwar, Mana Terbaik?

Ford memiliki panjang 337 meter (panjang lapangan sepak bola 90 meter), lebar dek 78 meter, dengan bobot kotor -saat muatan penuh- mencapai 100.000 ton.

Baca Juga  Video: Menteri BUMN Erick Thohir Resmi Menjadi Anggota Kehormatan Banser

Kemarin kapal ini telah selesai melalui serangkaian uji getaran bom, dan diharapkan akan beroperasi penuh tahun 2022 atau paling lambat 2024.

Tak disangka, kini Ford bakal punya saingan baru. Dan, dunia kaget saingan -adu besar- kapal induk itu justru datang dari China!

USS. Gerald Ford

Tipe 003 memiliki 3 katapel pelontar pesawat, sedang Ford punya 4. Dalam kondisi ‘serang’ sebuah kapal induk mampu meluncurkan sekitar 70 pesawat tempur ke udara hanya dalam waktu 30-45 menit!

Baca Juga  Sutradara Film Harry Potter Ingin Mengadaptasi “Harry Potter and the Cursed Child”

Semakin banyak jumlah katapel, semakin cepat lagi pesawat tempur bisa ‘dilemparkan’ ke udara.China telah memiliki dua kapal induk, Tipe 001 dan 002, keduanya mengadopsi total teknologi dari Rusia. Untuk tipe terakhir belum ada keterangan resmi teknologi yang digunakan, termasuk kapan perkiraan kapal induk ini beroperasi. (gun)

Share :

Baca Juga

Mbak Mia

Berita

Wonder Woman di Kota Madiun Masa Pandemi
Berbagi modal

Berita

Berbagi Modal untuk Sesama Pedagang Cilik di Madiun

Berita

Fachry Husaini dan Eddy Syah Merapat ke Persiba Balikpapan

Berita

Departemen Sosial Lockdown 5 Hari
Laksamana

Berita

DI BALIK REFORMASI 1998: Metastase Budidaya KKN

Berita

2 Jam Digital, Berbeda Waktu

Berita

215 Film Pendek Terdaftar dalam “Festival Sunday Movie

Berita

Mayoritas Pendukung Jokowi Dukung Ganjar Pranowo