Home / Berita

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:06 WIB

Kemenhub Bahas Drone dalam Forum Konsultasi Publik

Tangerang, Defacto – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), mengadakan kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan tema “Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak (SPUTA) yaitu Kupas Tuntas Drone” di Tangerang, Banten.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Capt. M. Mauludin dan dihadiri oleh Chief Pilot Operation Indonesia Air Asia, Inspektur Navigasi Direktorat Navigasi Penerbangan, Inspektur Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta, Perwakilan dari Balai Teknik Penerbangan, Manager Keamanan Penerbangan PT. Jakarta Air Traffic Control, PT. White Sky D.A Cengkareng, Senior Officer PT. Angkasa Pura Indonesia, Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia, serta perwakilan dari kecamatan, kelurahan dan desa setempat seperti Neglasari, Benda, Kosambi dan Teluk Naga.

Baca Juga  Iqbal Irsyad Susul Kesit Daftar Calon Ketua PWI Cabang Jakarta

Capt. Mauludin menyampaikan pelaksanaan forum ini merupakan wujud pelibatan publik sebagai penerima pelayanan publik.

Forum ini merupakan media bagi berbagai pemangku kepentingan/publik untuk berdialog, bertukar informasi, dan memberikan masukan terkait penyelenggaraan layanan publik yang diberikan oleh DKPPU.

Baca Juga  Wawancanda Wagiman Deep: ‚ÄúTukang Bakso Diculik Jin itu Karena Yutuber Suka Ngeprenk Pocong!"

“Ajang ini sebagai forum berkomunikasi dengan masyarakat yang berada dalam wilayah bandar udara untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik, atau meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan publik, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas penyelenggaran layanan publik,” ungkapnya.

Capt. Mauluddin menuturkan ada beberapa peraturan yang memang mengatur tentang penerbangan balon udara, layang-layang, memainkan sinar laser.

“Yang tak kalah penting, perkembangan pemakaian drone. Sehingga Forum Konsultasi Publik ini  sangat penting bagi masyarakat untuk dapat menerima informasi dan edukasi terkait apa saja yang perlu diketahui tentang menerbangkan Drone dan bahayanya bagi keselamatan penerbangan jika diterbangkan dekat kawasan bandara,” tuturnya.

Baca Juga  Manifesto Akademisi dan Keluarga Besar Universitas Airlangga.

Diakhir Kegiatan, dilakukan penandatangan Berita Acara Tindak Lanjut Perbaikan antara DKPPU dan Perwakilan Undangan sebagai komitmen bersama terkait hasil Forum Konsultasi Publik.

“Kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga keselamatan penerbangan. Kami selaku penyelenggara publik juga berharap masukan dan saran yang membangun dari masyarakat,” pungkas Capt. Mauludin.(*/MB)

Share :

Baca Juga

Entung

Berita

Harganya Melebihi Ayam, Entung Jati di Kabupaten Madiun

Berita

Serahkan Pengelolaan JIS Kepada Persija

Berita

Laksamana Sukardi: Produktivitas Orang Indonesia Sangat Rendah
Astronot

Berita

Jepang Targetkan Kirim Astronot ke Bulan

Berita

FX Rudyatmo : Setelah Diberi Kemenangan PDIP Lari Tak Mau Berhenti Sehingga Banyak yang Terjerat Korupsi!

Berita

Indonesia Promosikan Usulan Selat Lombok Sebagai PSSA di Sidang IMO ke-132

Berita

Ditunggu Kesungguhan Polresta Malang Tuntaskan Kasus Pencabulan dan Penganiayaan Remaja Putri Penghuni Panti Asuhan

Berita

Jokowi, Palestina Selalu Menjadi Perhatian Penting Bagi Indonesia