Home / Wisata & Budaya

Rabu, 26 Juni 2024 - 21:11 WIB

Kemenparekraf Luncurkan “Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024” pada Momentum Libur Sekolah

Jakarta, Defacto – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui brand Wonderful Indonesia meluncurkan program aktivasi “Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024″ bertajuk Co-branding: Travel Responsibly untuk memperkenalkan pariwisata hijau dan berkelanjutan pada momentum libur sekolah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (24/6/2024), menjelaskan program “School Break” ini menawarkan wisata edukasi sebagai pilihan alternatif selama libur sekolah.

Kegiatan ini berupaya memberikan pengalaman edukatif kepada wisatawan, khususnya mereka yang berusia muda mengenai dampak lingkungan dan pengolahan produk bekas menjadi sesuatu yang kreatif.

“Dan ini ada di empat kota yang akan kita kunjungi pada Juni-Juli, Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo Bandung, HeHa Stone Valley Yogyakarta, dan Beachwalk Shopping Center Bali,” kata Menparekraf.

Baca Juga  "Mendung Bukan Berarti Hujan. Kawan, Mari Kita Bernyanyi"

Periode libur sekolah ini tidak hanya berlangsung di Indonesia, tapi juga di luar negeri sehingga
berpotensi menjadi wisata alternatif bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Aktivasi ini melibatkan 21 mitra co-branding yang berkolaborasi sebagai penyedia venue, penyedia sampah produk, penyedia layanan waste management hub, penyedia layanan kargo, penyedia hadiah games, hingga pelaku upcycle pasca-event.

Co-branding tersebut di antaranya Jakarta AQuarium dan Safari, Saung Angklung Udjo, HeHa Stone Valley, Beachwalk Shopping Center, Aice, Paxel, Dagadu Djokdja, Dama Kara, Bodypack, Pipiltin Cocoa, Finna Food, Lokalate, BEJO Jahe Merah, El Hotel Group, AVO Group, Rumah Atsiri Indonesia, homLiv, Gofress, Grab, Pala Nusantara, dan Bank Sampah Bersinar.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menyampaikan bahwa pengunjung acara ini dapat melihat pameran instalasi upcycle yang menampilkan karya seni kreatif yang
terbuat dari produk bekas pakai hasil aktivitas bisnis para mitra co-branding.

Baca Juga  Siswi Disabilitas Sekolah Polwan Bergelar Sarjana Psikologi IPK Cumlaude

“Kami juga punya bank sampah, ini juga akan membuat instalasi dengan sampah-sampah yang dikumpulkan, jadi akan banyak kegiatan yang kita lakukan bersama dengan mitra co-branding,” kata Made.

Selain Pameran Instalasi Upcycle, pengunjung juga bisa belajar tentang waste management dan bermain games berhadiah. Event ini diharapkan menginspirasi terciptanya wisata hijau dan berkelanjutan bagi wisatawan.

Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita, menyampaikan rasa senangnya dapat mendukung program Wonderfull Indonesia yang berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan.

“Di Paxel ada Paxel Recycle sudah berjalan hampir 3 tahun, kami kemarin hitung ternyata sudah hampir 9 juta karbon yang bisa diserahkan ke bank sampah melalui program berbentuk mengambil sampah-sampah bekas packaging e-commerce. Jadi ini kami support, sirkular ekonomi ini kita bisa buktikan memang benar-benar bisa berjalan, karena masalah lingkungan ini tidak hanya bagian dari sosial, jadi win win secara bisnis bisa berputar,” kata Zaldy.

Baca Juga  Perpres 19/2024 Diharap Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional

National Marketing Communications Manager PT Sekar Laut Tbk. (Finna Food), Wenny Vianna, menyampaikan bahwa banyak manfaat yang dirasakan setelah bergabung sebagai mitra Co-branding Wonderful Indonesia, salah satunya rasa percaya dari publik.

“PT Sekar Laut Tbk. ini mungkin sudah hampir 1 dekade join dengan Wonderful Indonesia, kami sudah menampilkan logo Wonderful Indonesia dan terbukti sangat berdampak, karena juga menimbulkan rasa percaya publik dari masyarakat Indonesia sampai ke mancanegara. Kami juga beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai eksportir terbaik, tentu saja kami membawa nama baik WI,” kata Wenny. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Wisata & Budaya

Desa Wisata Huta Tinggi Samosir Terkenal dengan Makanan Khas Sushi Batak
Nigeria

Berita

Museum Nasional Seni Afrika di Washington Mulai Kembalikan Perunggu Benin ke Nigeria

Wisata & Budaya

Desa Tipang Kabupaten Humbang Hasundutan, Masih Memiliki Peninggalan Sejarah Suku Batak

Wisata & Budaya

Wayang Vietnam dan Thailand Ramaikan Peringatan Hari Wayang Nasional ke-3

Wisata & Budaya

Kemenparekraf Siapkan Indonesia Pavilion pada Expo “World Water Forum 2024”

Wisata & Budaya

Kebijakan Bebas Karantina dan Visa on Arrival Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisman ke Indonesia

Wisata & Budaya

Memparekraf Siap Berkolaborasi untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif di Purbalingga

Wisata & Budaya

Pemerintah Terus Upayakan Harga Tiket Pesawat Domestik Turun