Home / Berita

Minggu, 31 Oktober 2021 - 20:26 WIB

DeFACTO Dahulu Tabloid Sekarang Online

Awal April 2007, tabloid deFacto terbit di Jakarta. Diterbitkan dan dikelola antara lain oleh Butet Kartaredjasa, Harry Tjahjono, Dito Sugito dan Emar Pasha Amangku. 

Salah satu tujuannya adalah mendorong Rano Karno untuk menjadi Cagub atau sekurangnya Cawagub DKI Jakarta.

Secara visual, tata muka dan tampilan tabloid deFacto berbeda dengan tabloid yang sudah ada. Terbit berkala dua minggu sekali. Tabloid politik berita hiburan.

Topik yang berat disajikan dengan bahasa yang ringan. Realitas yang rumit dipaparkan dari sudut pandang jernih dan sederhana. Juga humor dan satire ditawarkan sebagai solusi mengobati ketegangan pikir dan kelelahan emosi.

Baca Juga  Ole Gunnar Pergi, Para Pemain Man-Utd Memberikan Salam Perpisahan
Alm. Gus Dur, penyair W.S Rendra dan Harry tjahjono

Meski bermodal cekak, launching tabloid deFacto dilakukan di Sultan Hotel d/h Hilton Hotel. Acara utamanya sarasehan Ngaji Demokrasi Bareng Gus Dur.

Pembicaranya, selain Gus Dur, adalah RendraMohamad Sobary, Arswendo Atmowiloto, Butet Kartaredjasa, Harry Tjahjono, dan dimoderatori, Rieke Dyah Pitaloka.

Irwan Hidayat, Ceo Sido Muncul dan Rieke Dyah Pitaloka

Sejumlah kandidat Cagub yang berjuang maju di Pilgub DKI 2008, hadir di acara launching deFacto saat itu. Hadir pula artis dan publik figur, antara lain Roy Marten, Eep Saefuloh, Irwan Hidayat, Effendi Gazali, Sys NS dll.

Baca Juga  Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Sudah Sampai Lampung

Sayang, tabloid deFacto tak berumur panjang. Ketika Rano Karno menyatakan mundur dari kancah Pilgub DKI 2008, pengelolanya merasa mustahil untuk bertarung di pasar penerbitan pers cetak yang saat itu mulai digerus media online.

Setelah mati suri selama 15 tahun, spirit tabloid deFacto kembali menjelma dalam format media online dengan nama DeFACTO.id .

Baca Juga  Atas Nama Hukum

Hari ini, Senin, 1 November 2021, DeFACTO.id sudah bisa dibaca dibaca kembali. Semangat dan harapannya tak jauh beda: “Hadir sebagai media online yang menyajikan fakta, realita dan berita terkini secara adil, obyektif, akurat dan bertanggungjawab.”
Tagline atau semboyannya jelas dan sederhana: DeFacto.id Hanya Fakta. Mohon doa, dukungan, masukan dan sarannya. Salam sehat. *
hartjah

Share :

Baca Juga

Wagian Deep

Berita

Wawancanda Wagiman Deep: “Setuju Hukuman Diskon Rizieq Shihab Karena Beliyow itu Imam Jumbo Dunia”

Berita

Pagaralam, Magnet Wisata Sumatera Selatan

Berita

Siap-siap, Hoverbike Sebentar Lagi Meluncur

Berita

Mayoritas Pendukung Jokowi Dukung Ganjar Pranowo
Raffi Ahmad

Berita

Nagita Slavina Melahirkan Anak Lelaki Secara Caesar

Berita

Karawang Bertekad Tetap Jadi Lumbung Padi Jabar

Berita

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan Sudah Sampai Lampung

Berita

FX Rudyatmo : Setelah Diberi Kemenangan PDIP Lari Tak Mau Berhenti Sehingga Banyak yang Terjerat Korupsi!