Home / Berita

Rabu, 1 Desember 2021 - 21:33 WIB

Pemerintah Ingin Wujudkan Pemerataan Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi

Pemerintah berkomitmen mewujudkan pemerataan pembangunan pariwisata dan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

Hal itu tersirat dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (Rakornas Lima DPSP), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan, Rabu (1-12-2021).

Ini merupakan rakornas kedua sejak tahun 2020. Acara tersebut diadakan pada Rabu (1-12-2021). Di tahun 2021 ini, rakornas mengangkat tema “Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Transformasi dan Pengembangan Pariwisata Berkualitas secara Berkelanjutan”.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmikan Monumen yang Dibangun Menhan Prabowo di Lapangan Bela Negara

“Kita harus mampu mewujudkan pariwisata yang berkualitas dengan mengedepankan kepentingan bersama. Kita harus bekerja sama-sama, terlebih masih ada beberapa isu yang memerlukan perhatian pemerintah,” beber Menko Luhut membuka rakornas secara resmi.

Beberapa isu yang dimaksud, mencakup penyelesaian lahan, terpusatnya lokasi wisata yang dikunjungi mancanegara, serta pengelolaan lokasi wisata di Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan agar DPSP diberikan dukungan secara penuh dan kini sudah dilakukan berbagai macam pembangunan.

Baca Juga  Perputaran Ekonomi Sektor Parekraf Selama Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

“Sektor pariwisata pun membutuhkan dukungan transportasi dan kemudahan akses, yang mana saat ini masih kami upayakan,” ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama.

Menambahkan, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang bergabung secara virtual, menjelaskan bahwa pemerintah ingin memberikan kemudahan dan kenyamanan saat wisatawan berkunjung. “

Dalam rakornas ini, diperkenalkanlah soal aplikasi untuk _monitoring_ proyek DPSP bernama Tomps. Sekarang pemantauan dapat dilakukan secara digital.

“Kami mengedepankan kemudahan dalam mengelola proyek melalui supervisi daring,” beber Direktur Utama PT Telkom, Alex Sinaga.

Baca Juga  Naturalisasi Pesepakbola, Sampai Kapan?

Menutup rakornas, Menko Luhut menegaskan kembali akan perlunya kerja tim yang baik dan kompak agar Indoneaia mampu menjadi negara yang luar biasa.

“Eksekusi itu kuncinya. Saya minta semua dilakukan secara detil,” pinta Menko Luhut. Para pihak pun sepakat akan bekerja sama untuk menyukseskan pengembangan lima DPSP, termasuk mengenai jumlah penduduk yang tervaksinasi dan jumlah infrastruktur kesehatan. Agustina

Foto utama : Menko Marinvest Luhut B. Pandjaitan (Foto; Biro Komlik Kemenparekraf)

Share :

Baca Juga

Berita

Presiden Harus Perhatikan agar “Dwifungsi” Polri Tidak Kebablasan
Laksamana

Berita

DI BALIK REFORMASI 1998: Sumber Permainan Api
Pasar Pundensari

Berita

Pundensari, Pasar Wisata Kuliner Bernuansa Tradisi di Kabupaten Madiun

Berita

KPMP Akan Bentuk Tim Pencari Fakta Dana PEN Subsektor Perfilman

Berita

IN MEMORIAM VERAWATY (1 Oktober 1957-21 November 2021)
Lima Perupa

Berita

Pameran Lukisan Datan Gingsir Sewu Warsa di Madiun Berakhir

Berita

Kapolda Metro Jaya Kudu Minta Bantuan Densus 88 untuk Tangkap Si Kembar

Berita

Kontrak Ribuan PPPK Banyuwangi Berakhir Awal 2024