Home / Berita

Sabtu, 11 Desember 2021 - 02:37 WIB

Finlandia Borong 64 Pesawat F-35, Gantikan F-18 Hornet Yang Mulai Uzur.

DeFacto.id- Finlandia telah memilih untuk membeli 64 pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin (Amerika) untuk menggantikan jet F-18 Hornet mereka yang akan memasuki masa pensiun.

Paket pembelian pesawat berikut persenjataan dan layanan pemeliharaannya diperkirakan mencapai 9,4 milyar dollar, sekitar 135 trilyun, demikian pengumuman dari Pemerintah Finlandia hari Jumat, 10/11/2021 kemarin, seperti yang diterima kantor berita Reuters.

Baca Juga  Wawancanda Wagiman Deep: “Jangankan Jajal Sirkuit, Pake Sarung Aja Bikin Orang Julid”

Dengan dipilihnya F-35, Lockheed Martin telah memenangi persaingan pabrikan pesawat tempur seperti Saab (Swedia), Boeing (Amerika), Dassault (Perancis) maupun Bae Systems dari Inggris, yang selama ini getol membujuk Finlandia agar memesan produk mereka.

Selain pembelian pesawat, pemerintah negara rumpun Skandinavia itu masih harus merogoh kocek lebih dalam untuk membangun hangar pesawat dan peralatan lainnya sebesar 777 juta euro, sekitar 12,6 trilyun rupiah, jumlah ini masih harus ditambah 824 juta euro untuk paket senjata tambahan.

Baca Juga  Celine Dion Batalkan Sisa Konsernya di Amerika Utara

“Membandingkan performa pesawat lain, F-35 cocok seperti kebutuhan kami” ucap menteri pertahanan Findlandia, Antti Kaikkonen dalam jumpa pers.

Sejak akhir 2015 kantor kementerian pertahanan Finlandia memang sudah getol mencari pesawat tempur unggul, guna menggantikan peran F-18 Hornet mereka yang telah menjadi tulang punggung pertahanan udara sejak 1992.

Baca Juga  Sylvester Stallone Kembali Hadir di Film Guardians of the Galaxy Vol 3

F-35 pesanan ini akan dikirim secara bertahap mulai 2027 dan akan berakhir sekitar tahun 2030, dan Finlandia akan merupakan negara ke-14 yang mengoperasikan pesawat tempur canggih ini, demikian Pasi Jokinen, komandan AU Finlandia. *Bari

Share :

Baca Juga

Berita

Setiap Kali Bicara, Hardi Membuat Orang Gemetar
PUTRI MAKO

Berita

Putri Mako Lepas Gelar Bangsawan demi Menikah dengan Rakyat Biasa
Pagaralam

Berita

Bersaing dalam Kreasi, Pariwisata Pagaralam Naik Daun
Baksos

Berita

Rotary Madiun Rencanakan Kontainer Pendidikan

Berita

Man-Utd Makin Percaya Diri Datangkan Manajer PSG, Mauricio Pochettino
Joe Biden

Berita

Polip Usus Besar Presiden AS Joe Biden Termasuk Lesi Jinak

Berita

Peluncuran BLU Expo 2021 di Istora Senayan

Berita

LaNyalla Minta RKHUP Buang Pasal Karet