Home / Olahraga & Hiburan

Selasa, 25 Juni 2024 - 18:17 WIB

Halim Arafat Siregar Lestarikan Musik Melayu lewat “Urban Melayu”

Jakarta, Defacto – Musik Melayu itu tidak kalah menarik dengan genre-genre musik lain yang diminati generasi muda. Halim Arafat Siregar Regar, asal Sumatera Utara, adalah anak muda penggagas genre musik Urban Melayu.

Halim Arafat Siregar telah melakukan kolaborasi dengan label Wiken Musik yang didirikan oleh musisi Sandy Canester

“Jadi cara saya mengenalkan musik Melayu ke anak muda itu adalah dengan mengemas lagu-lagu tersebut dengan _sound_ yang modern,” ujar Regar.

Sandy Canester, pemilik label Wiken Musik, menambahkan Urban Melayu ini sebenarnya adalah genre musik yang ia cetuskan bersama Regar sebagai bentuk keresahan mereka akan minat generasi muda terhadap musik Melayu yang begitu rendah.

Baca Juga  Ke Mana Roda (Pengusutan) Formula E Akan Menggelinding?

“Kami pikir musik Melayu sebagai akar-akar budaya kita ini bisa _relate_ dengan kondisi sekarang, bisa diterima oleh anak muda sekarang,” ujar Sandy.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi upaya musisi Regar untuk melestarikan musik Melayu dengan memperkenalkan genre “Urban Melayu”.

Baca Juga  Tren Wisata Nostalgic Gateways,  Destinasi Wisata Seru untuk Nostalgia

Dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2024), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan apa yang dilakukan musisi asal Sumatra Utara yang bernama lengkap Halim Arafat Siregar berkolaborasi dengan label Wiken Musik yang didirikan oleh musisi Sandy Canester ini patut mendapat apresiasi. Karena kehadiran “Urban Melayu” diyakini mampu menarik perhatian generasi muda untuk menikmati dan melestarikan musik Melayu.

Baca Juga  Serahkan Pengelolaan JIS Kepada Persija

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengungkapkan hasil kreativitas anak muda seperti Regar ini patut diamplifikasi dan dipromosikan ke pasaran. Sehingga tidak hanya mengembangkan potensi ekraf musik Melayu saja, namun juga melestarikan kearifan tradisi dan budaya lokal.

“Kami menyambut baik sekali kehadiran Urban Melayu, karena Melayu ini merupakan salah satu basis budaya yang perlu kita dukung dan kita angkat sebagai bagian dari ekonomi kreatif yang berbasis tradisi,” tutur Made. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Santana

Berita

Pasca Operasi Jantung, Carlos Santana Terpaksa Batalkan Semua Konsernya Tahun Ini
ade jigo

Olahraga & Hiburan

Komedian Ade Jigo eks Teamlo: Musibah itu Hadiah

Olahraga & Hiburan

Jurnalisme Marketing dan Kartu Pos Wini

Berita

Man-Utd Makin Percaya Diri Datangkan Manajer PSG, Mauricio Pochettino

Olahraga & Hiburan

Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri FFWI 2023
Joseph Baena

Berita

Putra Arnold Schwarzenegger Joseph Baena Syuting Film Baru

Olahraga & Hiburan

Semok Magazine Gelar Lomba Balap Motor Klasik di Ancol

Olahraga & Hiburan

Aktor Senior Avent Christie Puas Festival Film Pendek di Bandung Sukses