Home / Berita

Sabtu, 23 April 2022 - 21:18 WIB

Gekrafs Tangsel dan Pelaku UMKM Grebek Ciputat Timur

Gerkrafs Ciputat Timur

Gerkrafs Ciputat Timur

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, Nomor Induk Berusaha (NIB) tampaknya sudah menjadi suatu  keharusan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Keuntungan UMKM memiliki NIB mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat di luar sana. Padahal, Nomor Induk Berusaha (NIB) sangat penting untuk memperoleh legalitas usaha.

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah sebuah identitas untuk para pelaku usaha dalam rangka melaksanakan kegiatan bisnis. NIB ini berlaku sepanjang menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan memiliki NIB, para pelaku UMKM bisa membuktikan legalitas Penanaman Modal atau Berusaha.

Baca Juga  Peluncuran BLU Expo 2021 di Istora Senayan

Melihat realita inilah, maka Gekrafs Tangsel terus berupaya bersinergi dengan pemerintahan yg ada di Kota Tangsel, dan untuk kali pertama kami bekerjasama dengan Kecamatan Ciputat Timur mengdakan sosialisasi Legalitas NIB, pada Jumat 22 April 2022.

Acara yang mengangkat tema Gedik (Gekrafs Didik Kreatif) ini digelar tanpa dipungut biaya. Dan berkolaborasi dengan Komunitas Ciptimku (Ciputat Timur Kreatif Usaha).

“Mengapa kami beri nama Gedik (Gekrafs Didik Kreatif)? Kata Gedik sering kita dengar karena memang itu istilah Betawi, kami adopsi nama tersebut dengan arti yg berbeda menjadi istilah yang positif,” ujar Ishlah Bio, Ketua  Gekrafs Tangsel.

Baca Juga  Orang Utan di Bukit Lawang Langkat Sumut

“Salah satu dari Program Gedik (Gekrafs Didik Kreatif) adalah Sosialisasi Legalitas, dimana untuk tahap awal ini kami memulainya dengan legalitas NIB”, imbunya lagi.

Menurut Bang Ishlah, selain Gekrafs Tangsel mengadakan sosialisasi dengan narasumber dari anggota dari Gekrafs Tangsel yaitu saudara Muhamad Rizki Firdaus, S.H, kami juga sekaligus membuatkan legalitas NIB untuk pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Ciputat Timur, dan ada 50 peserta yang mengikuti sosialisasi tahap awal.

Baca Juga  DPSP Likupang Akan Dikembangkan dalam Konsep Pariwisata Hijau

So! Jangan tunda kesempatan baik ini. Karena legalitas bagi pelaku usaha adalah pondasi untuk menjalankan usaha dikemudian hari.

“Usaha yang sudah besar saja bisa tersangkut masalah karena tidak mengindahkan unsur legalitas pada usahanya”. Jadi mumpung ada kesempatan baik, tidak ada salahnya UMKM kita ditertipkan secara perizinannya,” ungkap Awan Tupo, Kabid Humas Gekrafs Tangsel. *

Share :

Baca Juga

WAGIMAN DEEP

Berita

Wawancanda Wagiman Deep: “Jangankan Jajal Sirkuit, Pake Sarung Aja Bikin Orang Julid”

Berita

Artis Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan Tunggal di Tol Jombang
Berbagi modal

Berita

Berbagi Modal untuk Sesama Pedagang Cilik di Madiun

Berita

Bangkit Dari Pandemi Dengan Sport Tourism

Berita

Kita Tidak Memiliki SDM Berkompeten

Berita

Panji Gumilang Siapkan Lahan di Al Zaytun untuk Shooting Film
Menhub

Berita

Menhub Budi Karya Tinjau Pelabuhan Kaliadem di Masa Libur Tahun Baru
Parag Agrawal

Berita

Sepuluh Hari Menjabat, CEO Baru Twitter Lakukan Langkah Perubahan