Home / Berita

Rabu, 10 November 2021 - 08:44 WIB

Ganjar Pranowo dan Istrinya Bersama Mahasiswa Aceh Ziarah di Makam Pocut Meurah Intan

Ganjar Pranowo dan istrinya ziarah di makam Pocut Meurah Intan

Ganjar Pranowo dan istrinya ziarah di makam Pocut Meurah Intan

DeFACTO.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampaknya punya cara sendiri menyambut Hari Pahlawan, 10 November 2021. Kandidat Capres 2024 yang tingkat elektabilitasnya tertinggi itu memlih menziarahi makam Pocut Meurah Intan, pejuang asal Aceh yang dibuang dan wafat di Blora.

Bersama istrinya, Siti Atikoh, dan sejumlah mahasiswa asal Aceh yang belajar di Jawa Tengah, Ganjar berziarah di pemakaman umum Desa Tegal Sari, Kabupaten Blora, Selasa (9/11).

“Beliau yang bersemayam di tanah Blora ini adalah Pocut Meurah Intan, Singa Betina dari Aceh. Bersama temen-temen mahasiswa dari Aceh yang belajar di Jateng, kami membersihkan makam dan berdoa, semoga semangat dan keberanian beliau menular dan menjalar di hidup kami, untuk mempertahankan harga diri, bangsa dan negara. Menjelang Hari Pahlawan ini, siapa pahlawan yang sudah kau ziarahi” tulis Ganjar di instagramnya.

Baca Juga  Imperialisme Baru Ancam Indonesia

Meski dikenal sebagai pejuang besar, Pocut Meurah Intan tidak dimakamkan di taman makam pahlawan. Oleh karena itu sehari menjelang Hari Pahlawan, Ganjar menziarahi makam Singa Betina itu. Puluhan mahasiswa berbagai daerah yang tergabung dalam Persaudaraan Antar Etnis Nusantara (Perantara) dan sejumlah warga Aceh yang ada di Jateng, rupanya sedang melakukan kegiatan bersih makam.

Baca Juga  Rekam Jejak Syekh Banjar dalam Film "Syek Muhammad Arsyad Al Banjari"

Usai berdoa bersama,  Ganjar berdialog dengan keluarga Pocut Meurah Intan, mahasiswa dan masyarakat Aceh.

“Kalau diizinkan, kita akan perbaiki. Beliau ini pejuang hebat. Dari keluarga Kesultanan dan melawan Belanda sampai dikejar-kejar dan diasingkan ke sini,” kata Ganjar.

Semua setuju dengan usulan itu. Bahkan saat ngobrol itu, Ketua Persaudaraan Antar Etnis Nusantara, Muhammad Zulkifli menyerahkan map berwarna biru ke Ganjar. Map itu berisi usulan pemberian gelar pahlawan nasional pada Pocut Meurah Intan. Usulan itu ditandatangani Perantara bersama Ikatan Pelajar Aceh Semarang dan Ikatan Masyarakat Aceh Semarang.

Baca Juga  Mini Seri "The Beatles: Get Back", Misteri Bubarnya The Beatles

Ganjar dengan senang hati menerima usulan itu. Ia mengatakan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pengajuan gelar pahlawan nasional.

“Tentu akan kami bantu karena itu bentuk penghormatan kita. Darimana pun berada, ya inilah Indonesia. Segera kami ajukan,” tegas Ganjar.* Kenfriska

Share :

Baca Juga

KIM JONG UN

Berita

Kim Jong Un: Korea Utara Ternakkan Angsa Hitam untuk Pasokan Krisis Pangan

Berita

Tersangka Notaris Ina Rosaina Ditangkap Polisi, Terlibat Mafia Tanah Artis Nirina Zubir
Laksamana

Berita

DI BALIK REFORMASI 1998: Malapraktek Perbankan Indonesia
Tik Tok

Berita

Mengalahkan Google, Kini TikTok Menjadi Situs yang Paling Populer

Berita

IN MEMORIAM VERAWATY (1 Oktober 1957-21 November 2021)
Steven Spielberg

Berita

Steven Spielberg Jelaskan Mengapa Menyutradarai ‘West Side Story’
Sido Muncul

Berita

Sido Muncul Raih PROPER Emas KLHK Dua Kali Beruntun

Berita

Widji Thukul