Home / Berita

Kamis, 13 Januari 2022 - 22:05 WIB

Video Langka Konser Berdarah Rolling Stones cs Ditemukan

DeFacto.id – Sebuah video berdurasi 26 menit yang merekam konser sederet musisi di Alfamont Festival di tahun 1969 tanpa sengaja ditemukan. 

Penampilan para musisi yang manggung saat itu, dari Rolling Stones, Jefferson Airplane, Flying Burrito Brothers hingga Crosby, Still and Nash terekam dalam video tersebut.

Meski tak berhasil ‘mengeluarkan’ audio, tapi video ini dianggap sebagai saksi sekaligus penemuan penting dunia musik.

Kini video 26 menit tersebut dirawat oleh Library of Congress, sebuah Lembaga kepustakaan, riset dan arsip tertua di Amerika.

Belum diketahui siapa perekam cuplikan konser yang legendaris, lantaran film 8 milimeter yang berisi rekaman tadi ditinggal begitu saja di Palmer Films, sebuah tempat pencucian film dan tak pernah ada pihak yang mengambilnya.

Baca Juga  Mengunjungi Rumah Peninggalan Saudagar Medan Abad 19 Tjong A Fie

Ketika Palmer Films bangkrut di tahun 1990an, footage tadi diambil oleh Rick Prelinger, seorang pengarsip yang koleksinya banyak diakusisi oleh Library of Congress.

Konser tak berbayar di Alfamont, California 1969 menjadi sebuah peristiwa music besar tak terlupakan. Bukan hanya lantaran para musisi yang tampil di acara tersebut, tapi juga kejadian mengejutkan di mana terjadi pembunuhan oleh anggota Hell’s Angels.

Hell’s Angels kali ini mendapat tugas sebagai tim keamanan di konser Alfamont mendapat ‘kejutan’ ketika para fans merangsek ke atas panggung saat Rolling Stones membawakan lagu “Under My Thumb”.

Baca Juga  HAPPY INDEPENDENCE DAY, voor konco lan sedulur ing Surinaam

Alan Passaro, salah satu anggota Angels yang bertugas di bawah panggung melakukan Tindakan pencegahan yang kebablasan. Passaro menikam seorang fan bernama Meredith Hunter sebanyak 20 kali hingga mati. Hunter yang kala itu membawa sebuah senjata api membuat Passaro gelap mata.

Peristiwa di luar dugaan itu festival music yang semula digadang-gadang untuk menyaingi Woodstock tersebut kehilangan mood-nya. Bahkan kematian tragis Hunter juga menyurutan idealism kaum hippy yang kala itu menyuarakan perdamaian di atas kekerasan/ perang.

Baca Juga  Pagaralam Punya Kopi, Lampung Punya Nama

Konser ini sendiri sempat difilmkan sebagai sebuah dokumenter terkenal “Gimme Shelter” garapan Albert Maysles, David Maysles dan Charlotte Zwerin yang menampilkan Rolling Stones dan Jefferson Airplane saat manggung.

Dua bintang konser ini: Carlos Santana serta Crosby, Stills, Nash & Young ogah tampil dalam documenter itu dengan alasan tak puas dengan penampilan mereka.

Sementara itu, Mike Mashon mewakili Library of Congress mengatakan kalau mereka menanti orang yang mengaku pemilik video 26 menit yang nyaris lenyap itu.

Bagaimanapun ia menyebut kalau video itu bagian penting dari sejarah budaya pop Amerika. *Ayu Gendis Sulistyowati

Share :

Baca Juga

Berita

Suara Hati Ganjar

Berita

Walikota Medan Inisiasi Penggunaan Platform Digital untuk Pasarkan Ulos dan Songket
KIM JONG UN

Berita

Kim Jong Un: Korea Utara Ternakkan Angsa Hitam untuk Pasokan Krisis Pangan

Berita

Gal Gadot ‘Ambil Alih’ Peran Grace Kelly dalam Remake “To Catch A Thief”
Nigeria

Berita

Museum Nasional Seni Afrika di Washington Mulai Kembalikan Perunggu Benin ke Nigeria

Berita

Nyali Mahfud MD

Berita

KPK Makin Fokus Dalami Formula E, yang Memperkaya Diri Bakal Jantungan

Berita

Leane Suniar Susul Verawaty Fajrin