Home / Berita

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:53 WIB

Ditjen Hubdat Subsidi Angkutan KSPN Danau Toba

Medan, Defacto – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) memberikan dukungan subsidi angkutan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Hal ini bertujuan untuk memperkuat konektivitas dan aksesibilitas ke destinasi wisata tersebut.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Utara, Dadan M. Ramdan mengatakan, “Dengan adanya subsidi angkutan KSPN ini diharapkan dapat memudahkan wisatawan dalam perjalanan serta mendukung pengembangan pariwisata lokal”.

Subsidi ini mencakup angkutan KSPN seperti bus yang dioperasikan secara khusus untuk melayani rute-rute ke Danau Toba. “Terdapat 3 (tiga) rute yang disubsidi diantaranya rute Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit, rute Pelabuhan Ajibata-Stasiun Pematangsiantar dan rute Pakkat-Bandara Silangit,” kata Dadan.

Baca Juga  DI BALIK REFORMASI 1998: Perbankan Nasional yang Rentan Gosip

Dadan menegaskan pada tahun 2024 ini terdapat anggaran subsidi sebesar Rp2.687.296.670 untuk ketiga rute tersebut yang akan dilaksanakan oleh Perum DAMRI sebagai operator pelaksana.

“Saat ini untuk mengetahui informasi seputar angkutan KSPN, Ditjen Perhubungan Darat juga telah menyediakan fitur Tracking Bus KSPN yang tersedia dalam aplikasi MitraDarat dan dapat diunduh di Play Store dan App Store,” ujar Dadan.

Sementara itu, Manager Usaha Perum DAMRI Cabang Medan, Hakam Fikril Amarullah mengungkapkan bahwa DAMRI memiliki peranan penting dalam menyediakan layanan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat yang berkunjung di Danau Toba.

Baca Juga  HEKRAFNAS Jadi “Lebaran” Para Pelaku Ekonomi Kreatif Indonesia

Sebagai informasi, DAMRI mencatat total penumpang periode Januari-Mei 2024 mencapai 2597 orang dengan rute favorit yaitu Pelabuhan Ajibata-Pematang Siantar.

Berikut informasi jadwal operasional angkutan KSPN Danau Toba:
1. Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.600. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan 16.00 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 08.30 WIB, 13.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Baca Juga  Kuasa Hukum Mardani Maming: KPK Tetapkan Tersangka Dulu, Baru Cari Bukti

2. Pelabuhan Ajibata-Pematangsiantar dengan tarif Rp6.100. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.00 WIB. Sementara, keberangkatan dari Pematangsiantar pukul 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan 16.00 WIB.

3. Pakkat-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.700. Keberangkatan dari Pakkat pukul 06.00 WIB dan 13.30 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 09.30 WIB dan 17.30 WIB.

Dengan adanya subsidi angkutan KSPN, pemerintah menunjukan kehadirannya dalam mendukung sektor pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat di kawasan Danau Toba. (*/MB)

Share :

Baca Juga

Pagaralam

Berita

Bersaing dalam Kreasi, Pariwisata Pagaralam Naik Daun

Berita

Melihat Penampilan “Frank Sinatra” Muda Indonesia Alonzo Brata
LBP

Berita

Perseteruan Luhut Binsar Pandjaitan dengan Haris Azhar dan Fatia Lanjut di Pengadilan

Berita

Sherry Lansing Leadership Award untuk Jennifer Aniston

Berita

Tinjau Terminal Batu Ampar Balikpapan, Menhub Jajal Bus BTS Balikpapan City Trans

Berita

IPW Himbau Kapolri Tak Keluarkan Ijin Pertandingan Liga 1

Berita

Tim TPF : Ada Indikasi Pemufakatan Jahat dan Kolusi dalam Penyaluran PEN-Subsektor Film

Berita

Pengamat Nilai KPK Giring Opini dalam Kasus Mardani H. Maming