Home / Berita

Selasa, 16 November 2021 - 17:47 WIB

Anggota MUI Ditangkap, Polisi: Terkait JI dan Kotak Amal Teroris

DeFacto.id – Densus 88 Antiteror Polri menjelaskan peran terduga teroris bernama Ustaz Zain An-Najah yang baru saja ditangkap.

Zain merupakan pengurus Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan terdaftar dalam situs resmi mui.or. Menurut Polisi, Zain yang ditangkap di Bekasi, Selasa 17/11, merupakan anggota Dewan Syuro dalam jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI) dan juga Ketua Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

“Yang bersangkutan keterlibatannya adalah sebagai Dewan Syuro Jamaah Islamiyah. Kemudian selain itu, yang bersangkutan ketua Dewan Syariah Lembaga Amal Zakat BM ABA,” Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan seperti yang dilansir CNN-Indonesia, Selasa (16/11).

Baca Juga  DI BALIK REFORMASI 1998: Mei 1998 Game Over (VI)

Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf selama ini menyebarkan ratusan kotak amal di Lampung guna menggalang dana untuk kegiatan terorisme. Selain itu, penggalangan dana juga dilakukan lewat perkebunan kurma.

Ramadhan lalu membeberkan peran terduga teroris lainnya yang baru saja ditangkap yakni Farid Ahmad Okbah. Dia merupakan anggota Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman Bin Auf.

Baca Juga  DI BALIK REFORMASI 1998: Parasit Ekonomi Indonesia

Ramadhan mengatakan, FAO juga sempat memberikan bantuan dana kepada Kelompok Perisai Nusantara Esa, sayap organisasi Jamaah Islamiyah yang bergerak dalam bidang advokasi di tahun 2018.

“Kemudian dia ikut memberikan solusi kepada AS (Arif Siswanto)–yang telah ditangkap–terkait dengan pengamanan anggota JI pasca penangkapan PW (Aji Parawijayanto) dengan membuat wadah baru,” ujarnya.

Ramadhan mengatakan, pembentukan wadah baru tersebut dilakukan FAO bersama dengan Ahmad Zain An Najah melalui Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI).

Baca Juga  Ridwan Kamil di Tengah Perseteruan Ganjar Dengan Puan

Terakhir, Ramadhan mengatakan, AA (Anung Al-Hamad) ditangkap oleh Densus 88/Antiteror Polri lantaran keterlibatannya sebagai anggota Pengawas Perisai Nusantara Esa pada tahun 2017.

“Kemudian Pengurus Atas sebagai Pengawas kelompok Jamaah Islamiyah,” ujarnya.

Wartawan sudah menghubungi sejumlah petinggi MUI pusat untuk mengonfirmasi keterlibatan Zain An-Najah dalam kegiatan terorisme, namun belum ada yang memberikan tanggapan. *Jon

(foto: ilustrasi Densus 88 Antiteror. foto: Istimewa)

Share :

Baca Juga

Berita

Breaking News! 5 Orang Tewas dan 40 Cedera Saat Sebuah SUV Melaju Kecang Menabraki Orang Yang Sedang Pawai Natal di Wisconsin

Berita

LaNyalla : Pikiran dan Gagasan Bung Karno Tetap Abadi

Berita

Komite I DPD RI Dorong Revisi UU Pemilu Kembali Masuk Prolegnas

Berita

Pasar Glodok Jelang Imlek Jadi Tujuan Wisata Baru

Berita

Perpres 19/2024 Diharap Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional
Puan Maharani

Berita

Puan Maharani Hadir di Inter Parliamentary Union ke-143 di Spanyol
puan maharani

Berita

Ziarah Sunyi Puan Maharani di Makam Sang Ayah di TMP Kalibata

Berita

Wawancara Laksamana Sukardi: Belenggu Nalar a State Crime