Home / Bisnis

Minggu, 12 Desember 2021 - 11:49 WIB

Kiat Sukses Kembangkan Bisnis di Masa Pandemi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama Pendiri MS Glow, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, membahas kiat-kiat sukses mengembangkan bisnis di masa pandemi COVID-19 bersama pendiri jenama kosmetik MS Glow.

Pembahasan berlangsung di tengah acara
Malam Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (11/12/2021).

Sandiaga Uno (kiri).bersama dengan Gilang Widhya Permana dan Shandy Purnamasari.

“Kita perlu berkolaborasi dengan (platform digital) yang sudah hadir. Serta kita manfaatkan produk anak-anak bangsa,” kata Sandiaga.

Baca Juga  GKR Hemas Sebut Perempuan Bisa Mengambil Peran di Sektor yang Menjadi Domain Lelaki

Sandiaga menyebutkan, pemerintah ikut berpartisipasi dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan bisnis para pelaku ekonomi kreatif melalui pemanfaatan platform digital. Sehingga, lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif akan semakin terbuka lebar.

“Kita bekerja sama (dengan platform digital) dan kita pastikan kepentingan dan keberpihakan kepada para UMKM lokal yang mendorong produk-produk buatan anak bangsa sehingga akan ada peningkatan peluang untuk penciptaan lapangan kerja. Karena UMKM dan ekonomi kreatif adalah pencipta 20 juta lapangan kerja,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gilang Widya Pramana mengatakan dalam menjalankan bisnisnya, pelaku ekonomi kreatif perlu menjadi pionir.

Baca Juga  Rano Karno Menentang Revitalisasi TIM

“Dulu tahun 2013 ketika belum ada orang-orang yang berjualan secara online, kita sudah mulai jualan (online) sebelum ada marketplace. Kemudian kita pionir karena menggunakan jaringan seller bukan retail,” kata Gilang.

Sementara, Shandy Purnamasari menambahkan, selain menjadi pionir, para pelaku ekonomi kreatif juga harus memasarkan produk-produk yang telah teruji dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Supaya kita tahu review-nya, supaya kita bisa dapat banyak insight. Jadi kalaupun kita tidak bisa jadi yang pertama, kita bisa jadi yang berbeda dan memberikan value terhadap produk kita,” ungkap Shandy.

Baca Juga  Indonesian Fashion Week 2022 Akan Kembali Digelar Secara Offline

Berikut  pemenang dalam acara tersebut:

*Booth Favorit*
1. Educa Studio
2. Littlemonq
3. Bagoster

*Ide Film Terpilih*
1. Aceh Documentary
2. Borneocreative
3. Studio Amarana

*Konten Video Reels*
1. KINE CLUB UMS – Juantito Agung Prasetyo
2. Musi Kreatif Indonesia – Rifqi Mardhani
3. Aniwayang Studio – Chandra Isyanto.

Share :

Baca Juga

Bisnis

bank bjb Dorong Pensiunan Berwirausaha Melalui Program bjb Pra-Purnapreneurship

Berita

Film Jadi Salah Satu Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh Positif pada Tahun 2033

Bisnis

Sepatu Kolaborasi Wonderful Indonesia dengan Aerostreet Catatkan Rekor MURI

Bisnis

Generasi Milenial Dihimbau Ambil Peluang di Era Metaverse

Bisnis

Meskipun Wisman Turun, Okupansi Hotel Saat Ramadan dan Libur Lebaran Tetap Tinggi

Bisnis

Anak Perusahaan Sido Muncul Bangun Apartemen dan Perumahan

Bisnis

bank bjb Perkuat Sinergi Kolaborasi dengan TNI AD melalui Kerjasama Kredit Ritel

Berita

Kemenparekraf Pastikan Industri Parekraf Siap Hadapi Libur Lebaran 2024