Home / Berita

Selasa, 21 Desember 2021 - 12:59 WIB

Ganjar Pranowo Tetap Unggul Dalam Survey

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masih menempati posisi tertinggi dalam bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Hasil survei Charta Politika menyatakan elektabilitas Ganjar sebagai capres saat ini di angka 25,8 persen. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 22,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 17,7 persen.

“Di bawah mereka ada Ridwan Kamil dengan 5,4 persen, Sandiaga Uno 4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3 persen,” kata kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, Senin (20/12/2021).

Baca Juga  Gitaris Rock Toto Buka Warung Makan Asem-asem

Menurut Yunarto, Ganjar, mendapat dukungan kuat responden yang memilihnya di Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB hingga NTT.

Sementara Prabowo unggul di Jawa Barat, Sulawesi, Maluku dan Papua. Wilayah itu, kata Yunarto, menjadi basis kemenangan Prabowo saat mengikuti kompetisi Pilpres 2019 lalu

Anies unggul di daerah Sumatera, Jakarta, Banten hingga Kalimantan.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto yang dianggap lebih mudah mendapatkan tiket untuk pencapresan justru hasil elektabilitasnya masih minim. Puan hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 0,8 persen. Sementara Airlangga 0,5 persen

Baca Juga  TNI Diharap Semakin Profesional dan Diperhitungkan Di Bawah Andika Perkasa

Sementara pada bursa cawapres 2024, elektabilitas Sandi menjadi yang tertinggi dibandingkan 12 nama lainnya. Sandi mengantongi elektabilitas sebesar 27,7 persen.

Dua tokoh cawapres potensial 2024 yang berada di bawah Sandi adalah Ridwan Kamil dengan elektabilitas 17,4 persen serta Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas 9,1 persen.

Yunarto sempat menyimulasikan sejumlah nama pasangan capres dan cawapres. Ketika Ganjar di pasangkan dengan Sandiaga, maka meraih suara tertinggi ketimbang dua pasangan kandidat lainnya.
Survei Populi Center menyatakan Ganjar Pranowo sebagai sosok yang paling didukung publik sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani memperoleh dukungan yang lebih kecil.

Baca Juga  Rawon dan Laksa, Sup Khas Indonesia yang Mendunia

Populi tidak mengukur tingkat keterpilihan atau elektabilitas kandidat. Survei ini menanyakan dukungan responden terhadap lima sosok, yaitu Ganjar, Puan, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Erick Thohir. Setiap responden boleh mendukung lebih dari satu nama.

“Figur Ganjar Pranowo memang mendapatkan presentase dukungan dari masyarakat yang paling tinggi, yaitu 58,3 persen,” ucap peneliti Populi Center Nurul Fatin dalam jumpa pers daring, Senin (20/12). hw

Toto: instagram Ganjar Pranowo

Share :

Baca Juga

puan maharani

Berita

Ziarah Sunyi Puan Maharani di Makam Sang Ayah di TMP Kalibata
Laksamana

Berita

DI BALIK REFORMASI 1998: Parasit Ekonomi Indonesia

Berita

Sistem Bikameral Gagal Karena DPD Tak Setara dengan DPR

Berita

PSI Usung Kaesang Jadi Walikota, agar Depok Maju dan Tidak Intoleran
Raffi Ahmad

Berita

Nagita Slavina Melahirkan Anak Lelaki Secara Caesar

Berita

Tangis Bahagia Robert Lewandowski

Berita

Jokowi Belum Buktikan Selesaikan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Berita

Pagaralam, Magnet Wisata Sumatera Selatan