Home / Wisata & Budaya

Jumat, 18 Maret 2022 - 12:17 WIB

Yanni Krishnayanni Kibarkan Bendera PWI di Puncak Rinjani

Lombok, Defacto – Pendaki wanita dari tim Jelajah Kebangsaan Wartawan – Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) Yanni Krishnayanni berhasil mencapai puncak tertinggi Gunung Rinjani, Lombok, NTB, Kamis pagi, (16/3/2022).

Pendakian via Sembalun dimulai dari Pos 2 pada hari Rabu pagi setelah diantar dengan motor oleh anggota tim JKW-PWI lainnya, yakni Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono, Aji Tunang Pratama. 

Dalam pendakian kali ini Yanni ditemani 1 guide yaitu Riky dan 1 porter Willy menuju puncak Rinjani yang memiliki ketinggian 3726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Carstensz dan Kerinci.

Baca Juga  Nyali Mahfud MD

“Kondisi jalur Gunung Rinjani berubah setelah gempa dan semakin ekstrim, terutama menuju puncak. Jalur berpasir dengan medan yang makin sempit,” ungkap Yanni Krishnayanni.

Yanni yang sudah pernah mendaki Rinjani pada tahun 2017 juga mengingatkan kepada para pendaki yang ingin memilih jalur ini agar selalu konsentrasi sehingga tidak sampai tergelincir masuk jurang.

Selama pendakian, Yanni melihat banyak monyet kelaparan di seputaran gunung Rinjani, sehingga dia menyarankan untuk tidak meletakkan barang sembarangan dan selalu memperhatikan dengan seksama karena monyet-monyet disini bergerak sangat cepat dan sangat pintar.

Baca Juga  Bouganville Negara Baru Pecahan dari Papua Nugini

“Kawanan monyet bisa membuka resleting tenda lho. Dan jika tenda terkunci, monyet tidak segan merobek tenda dan memaksa masuk untuk mengambil apapun yang ada di dalam tenda,” kata Yanni.

Yanni menyarakan bagi pendaki yang datang sendirian dan akan meninggalkan tenda untuk melakukan summit atau hanya sekedar mengambil air, agar menitipkan tenda kepada pendaki lainnya.

“Jangan membuang sampah sembarangan, gunung juga rumah kita bersama, bawa sampahmu turun agar senantiasa bersih,” pesan Yanni kepada para pendaki.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dan merupakan gunung favorit bagi para pendaki baik dalam maupun luar negeri karena keindahan panoramanya.

Baca Juga  Batu Megalitik di Pagaralam Terpuruk di Sawah dan Kebun Penduduk

Untuk mencapai salah satu puncak tertinggi Indonesia ini, ada tiga jalur pendakian yang resmi bisa dilalui, yakni dari Sembalun, Senaru dan Torean.

Kegiatan Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI dengan target 17.000 kilometer, 15 Pulau dan 7 Gunung Tertinggi Indonesia ini di dukung oleh Kemenpora, ban Kingland, Kawasaki motor Indonesia, Artha Graha Peduli dan Artha Graha Network. (*/MB)

Share :

Baca Juga

Wisata & Budaya

DPSP Likupang Akan Dikembangkan dalam Konsep Pariwisata Hijau

Wisata & Budaya

Aplikasi Tlusure, Dirancang untuk Tingkatkan Kenyamanan Berwisata di Tanah Air

Berita

Destinasi Wisata Aceh yang Sepi

Berita

Cap Go Meh Singkawang Diharapkan Mampu Gerakkan Perekonomian Masyarakat

Wisata & Budaya

Orang Utan di Bukit Lawang Langkat Sumut

Wisata & Budaya

Kemenparekraf Siapkan Indonesia Pavilion pada Expo “World Water Forum 2024”

Wisata & Budaya

Lewat Festival Gemarikan, Menparekraf Sandiaga Uno Berharap Gizi Masyarakat Membaik
monyet

Berita

Festival Monyet Lopburi Kembali Digelar, Ribuan Turis Mengunjungi Thailand