Home / Berita

Minggu, 4 Desember 2022 - 16:02 WIB

Sido Muncul Pemenang I SDGs Award Kategori Pelaku Usaha Besar Terbaik

Defacto – PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul TBK. (Sido Muncul), meraih  SDGs Action Award 2022 dalam kategori Pelaku Usaha Besar Terbaik. Sido Muncul meriah Juara 1 disusul oleh Bank BCA di posisi 2 dan  PT. Telkom meraih Juara 3.

Sido Muncul sebagai pemenang kategori Pelaku Usaha Besar Terbaik, mengungguli 252 perusahaan lain yang masuk dalam kategori tersebut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Suharso Monoarfa, kepada Plant Manager Sido Muncul Hadi Hartoyo di The Sultan Hotel Jakarta, Kamis (1/12/2022).

SDGs Action Awards yang diselenggarakan oleh Bappenas, merupakan bentu penghargaan kepada seluruh pihak yang ikut berkontribusi dalam aksi nyata pada pembangunan berkelanjutan. Mulai kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, organisasi masyarakat sipil, pelaku usaha (besar dan kecil), perguruan tinggi dan/atau lembaga penelitian, organisasi orang muda, hingga media massa.

Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs Indonesia Vivi Yulaswati, mengatakan, peserta yang terdaftar dalam SDGs Action Award telah melalui berbagai proses dalam kurun waktu 5 bulan. Mulai dari pendaftaran, penjurian, hingga wawancara. Penilaian dititikberatkan pada  bestpractices yang memberi manfaat pada masyarakat, serta keberlanjutannya.

Baca Juga  Batu Megalitik di Pagaralam Terpuruk di Sawah dan Kebun Penduduk

Plan Manager Sido Muncul Hadi Hartoyo mengatakan, fari 35 program yang dimiliki, Sido Muncul mengajukan 3 program unggulan mereka yaitu “Desa Sambirata” yang berkaitan dengan kapulaga; “Mbok Jajan di Ring Satu”; dan “Desa Inspirasi Padi” di Sukoharjo dan Karanganyar.

“Kami mendapat yang terbaik nomor 1 dan tidak terlepas dari komitmen manajemen yang begitu kuat dalam mendorong program yang memiliki dampak kepada masyarakat,” ujar Hadi Hartoyo.

Di tempat terpisah, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan bahwa keberhasilan kali ini menyadarkan bahwa perusahaan untuk memperbarui strategic policy agar bisa berpartisipasi dan membantu pemerintah dalam memberdayakan community development. Upaya ini merupakan rasa tanggung jawab Sido Muncul sebagai penerima award.

Sido Muncul telah berpartisipasi membantu 150 distributornya serta para petani di seluruh Indonesia. Sido Muncul berupaya terus membina masyarakat dan usaha kecil sejak tahun 1974.

Baca Juga  Puluhan Pengacara dan LSM Anti Korupsi Bela Ketua IPW Lawan Kriminalisasi

“Kami akan memperbanyak kerja sama dari desa-desa, supaya sebagai penerima SDGs Action Award ini, kami punya tanggung jawab moral untuk lebih terlibat lagi. Supaya nanti pada tahun 2030, sesuai dengan target SDGs, tidak ada kemiskinan lagi di dunia ini. Pokoknya kamu berkomitmen untuk memperbesar partisipasi,” papar Irwan.

Irwan pun menyatakan banggakarena visi dan misi perusahaan sejak 1998, yaitu untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, dapat diapresiasi dengan baik.

“Ternyata visi misi kami membuahkan hasil. Ini membuat lebih merasa punya tanggung jawab moral untuk terus berkembang lagi,” pungkas Irwan.

Ada 11 kelompok yang dinilai untuk menerima SDGs Award:

1. Kementerian/Lembaga : Juara 1 KLHK, Juara 2 BUMN, Juara 3 BPS

2. Pemerintah Daerah/Provinsi : Juara 1 JawabTengah, Juara 2 Kalimantan Utara, Juara 3 Gorontalo

Baca Juga  Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edy Marsudi, Keluhkan Soal Sumur Resapan di DKI. Ia Menyindir, “Sering-Seringlah Turun ke Lapangan”. Siapa Yang Dimaksud?

3. Pelaku Usaha Besar : Juara 1 Sido Muncul, Juara 2 BCA, Juara 3 Telkom

4. Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah : Juara 1 PT Alam Siak Lestari, Juara 2 Wasteforchange Alam Indonesia, Juara 3 Ekonomi Sirkular Indonesia/Surplus Indonesia

5. Organisasi Masyarakat : Juara 1 Yayasan Karampuang Mamuju, Juara 2 Asosiasi Ibu Menyusul Indonesia, Juara 3 Institut Kapal Perempuan

6. Filantropi : Juara 1 Lazis Muhamadiyah, Juara 2 Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Juara 3 Las Harapan Dhuafa

7. Organisasi Orang Muda : Juara 1 EwasteRJ,  Juara 2 Kelompok Studio Ekosistem Mangrove Kesemat, Juara 3 Forum Generasi Berencana Indonesia

8. Perguruan Tinggi : Juara 1 IPB University, Juara 2 Universitas Hassanudin , Juara 3 Universitas Indonesia

9. Lembaga Penelitian : Juara 1 Rotasi Institute, Juara 2 Perkumoulan Prakarsa, Juara 3 Yayasan Pattiro

10. Media : Juara 1 Kompas.id, Juara 2 sindonews.com, Juara 3 Investor Daily

11. Kota Terbaik 2022 : Juara 1 Kota Semarang, Juara 2 Kota Tebing Tinggi, Juara 3 Kota Salatiga, Harapan 1 Kota Manado, Harapan 2 Kota Blitar, Harapan 3 Kota Pare Pare. (HarTjah)

Share :

Baca Juga

Berita

Pemerintah Harus Tegas Hadapi Peningkatan Judi Slot

Berita

Perlu Ada Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Berita

Rooney Mara Segera Perankan Audrey Hepburn

Berita

“Belenggu Nalar” Buku Tentang Penjualan Kapal Tanker Pertamina Berujung Kriminalisasi

Berita

Mini Seri “The Beatles: Get Back”, Misteri Bubarnya The Beatles

Berita

Widji Thukul
Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan

Berita

Bandara Sultan Thaha Jambi Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
WAGIMAN DEEP

Berita

Wawancanda Wagiman Deep: Suwiping Pejabat Umpetin Harta, Laskar Siapken Fentungan!