Home / Berita / Esai

Selasa, 12 September 2023 - 09:55 WIB

Rumah Ganjar

RUMAH GANJAR. Dua kali menjabat Gubernur Jateng, selama 10 tahun, Ganjar Pranowo tidak punya rumah di Semarang. Waktu pamitan, Ganjar menyopiri mobil bersama istrinya, meninggalkan rumah dinas dan menumpang nginap di rumah kakaknya. Selain itu, selama 10 tahun, Ganjar menyerahkan gajinya sebagai Gubernur Jateng untuk Baznas. Sebab, fasilitas kesehariannya sudah dibiayai tunjangan jabatan.

Baca Juga  Menunggu Para "Racer" Politik Berpacu…

Ganjar bukan tidak punya rumah. Menurut LHKPN, 30 Maret 2023, Ganjar memiliki tujuh rumah/tanah dari warisan maupun beli sendiri. Empat tanah/bangunan di Purbalingga: 120 M2 (Rp50jt), 278 M (Rp70jt), 1.178 M2 (Rp70jt),658 M2 (Rp65jt). Di Sleman ada 34 M2 (Rp520jt) dan tanah seluas 1370 M2 (Rp1.370jt). Itu diperoleh dari kerja sendiri, semasa jadi Anggota DPR RI, dan warisan orang tuanya.

Baca Juga  Potret Sosial Dalam "Bunga Semerah Darah"

Selama 10 tahun jadi Gubernur, Ganjar memilih tinggal di rumah dinas karena tidak punya rumah di Semarang. Fakta tersebut, setidaknya, menjelaskan bahwa Ganjar setia pada tagline kampanyenya di kala Pilgub, “Ora Ngapusi, Ora Korupsi.” Tagline yang kuat, sederhana, jelas, luar biasa dan dibuktikan.

Baca Juga  Bangkit Dari Pandemi Dengan Sport Tourism

Saya pikir, Indonesia memang harus dipimpin Presiden yang “Ora Ngapusi, Ora Korupsi.” Presiden yang tidak berbohong dan tidak korupsi. Toh setelah pensiun, negara akan memberikan rumah dan tempat tinggal yang layak kepada pensiunan Presiden. Menjadi tua terhormat dan dicintai rakyat, saya rasa adalah pilihan mulia. **

Harry Tjahjono
12/9/2023

Share :

Baca Juga

Joseph Baena

Berita

Putra Arnold Schwarzenegger Joseph Baena Syuting Film Baru

Berita

PSHT akan Gelar Kejuaraan Silat Internasional
ANIES BASWEDAN

Berita

Heboh Anies Baswedan Pinjam Uang ke Bank DKI untuk E-Formula!

Berita

Khansa akan Kibarkan Merah Putih di Gunung Elbrus Rusia

Berita

Ole Gunnar Pergi, Para Pemain Man-Utd Memberikan Salam Perpisahan
Karikatur

Esai

Selamat Datang Corona
SharePlay

Berita

Tambah Fitur SharePlay, Pengguna Disney+ dapat Menonton Film Bersama hingga 32 Orang
Laksamana

Berita

DI BALIK REFORMASI 1998: Detak Detik Sumbu Bom Waktu (IV):