Home / Berita / Esai

Selasa, 12 September 2023 - 09:55 WIB

Rumah Ganjar

RUMAH GANJAR. Dua kali menjabat Gubernur Jateng, selama 10 tahun, Ganjar Pranowo tidak punya rumah di Semarang. Waktu pamitan, Ganjar menyopiri mobil bersama istrinya, meninggalkan rumah dinas dan menumpang nginap di rumah kakaknya. Selain itu, selama 10 tahun, Ganjar menyerahkan gajinya sebagai Gubernur Jateng untuk Baznas. Sebab, fasilitas kesehariannya sudah dibiayai tunjangan jabatan.

Baca Juga  Presiden Harus Perhatikan agar "Dwifungsi" Polri Tidak Kebablasan

Ganjar bukan tidak punya rumah. Menurut LHKPN, 30 Maret 2023, Ganjar memiliki tujuh rumah/tanah dari warisan maupun beli sendiri. Empat tanah/bangunan di Purbalingga: 120 M2 (Rp50jt), 278 M (Rp70jt), 1.178 M2 (Rp70jt),658 M2 (Rp65jt). Di Sleman ada 34 M2 (Rp520jt) dan tanah seluas 1370 M2 (Rp1.370jt). Itu diperoleh dari kerja sendiri, semasa jadi Anggota DPR RI, dan warisan orang tuanya.

Baca Juga  Mini Seri "The Beatles: Get Back", Misteri Bubarnya The Beatles

Selama 10 tahun jadi Gubernur, Ganjar memilih tinggal di rumah dinas karena tidak punya rumah di Semarang. Fakta tersebut, setidaknya, menjelaskan bahwa Ganjar setia pada tagline kampanyenya di kala Pilgub, “Ora Ngapusi, Ora Korupsi.” Tagline yang kuat, sederhana, jelas, luar biasa dan dibuktikan.

Baca Juga  Spur Pukul Vitesse 3 - 2 Jadi Debut Manis Antonio Conte

Saya pikir, Indonesia memang harus dipimpin Presiden yang “Ora Ngapusi, Ora Korupsi.” Presiden yang tidak berbohong dan tidak korupsi. Toh setelah pensiun, negara akan memberikan rumah dan tempat tinggal yang layak kepada pensiunan Presiden. Menjadi tua terhormat dan dicintai rakyat, saya rasa adalah pilihan mulia. **

Harry Tjahjono
12/9/2023

Share :

Baca Juga

Berita

IPW Minta Kapolri Evaluasi Kapolda yang Gagal Terapkan Presisi
Ana de Armas

Berita

Ana de Armas Menggantikan Scarlett Johansson di Film Ghosted

Berita

Gugurnya Kadet Kasmiran, Bakti Paskhas TNI-AU Saat Agresi Belanda Kedua

Berita

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edy Marsudi, Keluhkan Soal Sumur Resapan di DKI. Ia Menyindir, “Sering-Seringlah Turun ke Lapangan”. Siapa Yang Dimaksud?

Esai

Aktor/ Aktris Yang Mencuri Panggung

Berita

Gibran Anak Ratu Petruk
Jalak Lawu

Esai

Jalak Lawu, Tutup Gebyar Literasi 2022 Magetan

Berita

Jokowi Belum Buktikan Selesaikan Pelanggaran HAM Masa Lalu