Home / Berita / Esai

Senin, 11 September 2023 - 14:04 WIB

Presiden Bertanggungjawab

PRESIDEN BERTANGGUNGJAWAB. Seperti dua sisi mata uang: kewajiban selalu berkelindan dengan tanggung jawab. Tapi, dalam kampanye Pilpres, dua hal tersebut tidak tergambarkan. Uang dalam jumlah miliaran memang beredar, menyelusup sampai gang buntu dan gubug reyot. Hanya dua sisi mata uangnya bukan kewajiban dan tanggung jawab, melainkan janji muluk-muluk yang hebat diucapkan tapi tidak ada juntrungannya.

Baca Juga  Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama (Belajar dari Kasus Band Ti Koes)

Prabowo, misalnya, menjanjikan makan gratis dan susu buat anak sekolah, gaji ANS naik. Anies Baswedan mengumbar empat janji: kesehatan lebih murah, pendidikan lebih merata dan hal rumit lainnya. Cak Imin janji akan menaikkan Dana Desa jadi Rp5 miliar, dan PKB janji memberikan bensin gratis buat seluruh sepeda motor–semoga termasuk Harley Davidson. Ganjar Pranowo lebih sederhana dan realistis: menginginkan gaji guru bisa mencapai Rp30 juta/bulan.

Baca Juga  IUP yang Ditandatangani Mardani H Maming Tidak Dipersoalkan dalam Putusan

Janji kampanye adalah janji narapidana yang bebas dari penjara: indah didengar tapi hanya akan menguap lenyap. Itu sebabnya John F Kennedy, ketika ditanya ingin menjadi presiden yang bagaimana, “Saya hanya ingin dikenang sebagai presiden yang bertanggungjawab,” jawab Kennedy.

Kewajiban sudah dipenuhi dan tanggung jawab menjadi hal yang penting dikenang. Tapi, sebagian rakyat punya jawaban sendiri. Pada hari Jumat, 22 November 1963, di Dallas, Texas, Lee Harvey Owsald menembak mati Kennedy, Presiden AS ke 35 itu.

Baca Juga  Film Jadi Salah Satu Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh Positif pada Tahun 2033

Barangkali karena itulah kandidat Capres Indonesia tidak (atau lupa) menyatakan ingin menjadi presiden yang bertanggungjawab. Maklum, selalu ada sebagian rakyat yang punya jawabannya sendiri. **

Harry Tjahjono
11/9/2023

Share :

Baca Juga

Berita

Sri Mulyani Jawab Tuntutan MPR yang Minta Dirinya Dicopot

Berita

IPW Himbau Kapolri Tak Keluarkan Ijin Pertandingan Liga 1

Berita

Wakil Ketua DPD RI Minta Reuni 212 Dibatalkan

Berita

Rekam Jejak Syekh Banjar dalam Film “Syek Muhammad Arsyad Al Banjari”

Berita

Olivia Zalianty: Menjaga Lingkungan dan Menanam Pohon Juga Wujud BelaNegara

Berita

SBY Ditembok Mega, Cak Imin Digaris Yenny

Berita

Nano Riantiarno, Tokoh yang Menghidupkan Dunia Teater Indonesia Itu Telah Pergi
Elon Musk

Berita

Elon Musk Pertimbangkan untuk Keluar dari Pekerjaannya