Home / Berita / Esai

Senin, 11 September 2023 - 14:04 WIB

Presiden Bertanggungjawab

PRESIDEN BERTANGGUNGJAWAB. Seperti dua sisi mata uang: kewajiban selalu berkelindan dengan tanggung jawab. Tapi, dalam kampanye Pilpres, dua hal tersebut tidak tergambarkan. Uang dalam jumlah miliaran memang beredar, menyelusup sampai gang buntu dan gubug reyot. Hanya dua sisi mata uangnya bukan kewajiban dan tanggung jawab, melainkan janji muluk-muluk yang hebat diucapkan tapi tidak ada juntrungannya.

Baca Juga  SBY Kanker Prostat, AHY: We Will Always Pray for You

Prabowo, misalnya, menjanjikan makan gratis dan susu buat anak sekolah, gaji ANS naik. Anies Baswedan mengumbar empat janji: kesehatan lebih murah, pendidikan lebih merata dan hal rumit lainnya. Cak Imin janji akan menaikkan Dana Desa jadi Rp5 miliar, dan PKB janji memberikan bensin gratis buat seluruh sepeda motor–semoga termasuk Harley Davidson. Ganjar Pranowo lebih sederhana dan realistis: menginginkan gaji guru bisa mencapai Rp30 juta/bulan.

Baca Juga  Selamat Datang Corona

Janji kampanye adalah janji narapidana yang bebas dari penjara: indah didengar tapi hanya akan menguap lenyap. Itu sebabnya John F Kennedy, ketika ditanya ingin menjadi presiden yang bagaimana, “Saya hanya ingin dikenang sebagai presiden yang bertanggungjawab,” jawab Kennedy.

Kewajiban sudah dipenuhi dan tanggung jawab menjadi hal yang penting dikenang. Tapi, sebagian rakyat punya jawaban sendiri. Pada hari Jumat, 22 November 1963, di Dallas, Texas, Lee Harvey Owsald menembak mati Kennedy, Presiden AS ke 35 itu.

Baca Juga  Bouganville Negara Baru Pecahan dari Papua Nugini

Barangkali karena itulah kandidat Capres Indonesia tidak (atau lupa) menyatakan ingin menjadi presiden yang bertanggungjawab. Maklum, selalu ada sebagian rakyat yang punya jawabannya sendiri. **

Harry Tjahjono
11/9/2023

Share :

Baca Juga

Berita

Kasus Penipuan Calon PNS Belum Usai, Olivia, Putri Nia Daniaty, Ditunggu Perkara Lainnya

Berita

Dukungan Terhadap Ganjar Pranowo Meluas

Berita

HaloPuan Sosialisasikan Manfaat Kelor untuk Lawan Stunting di Bogor

Berita

IPW Desak Kapolri Evaluasi Tindakan Polda Jateng Atas Warga Desa Wadas.

Berita

Ditunggu Kesungguhan Polresta Malang Tuntaskan Kasus Pencabulan dan Penganiayaan Remaja Putri Penghuni Panti Asuhan

Berita

PSSI Seperti Kerajaan, Sudah Ketinggalan Jaman!

Berita

Menghidupkan Remy Sylado melalui Pementasan “Tampang Kampung Rezeki Kota”
Tri Rismaharini

Berita

Bu Risma Serahkan Bantuan untuk Komunitas Adat Terpencil Papua di Daratan Rawan Bencana