Home / Berita

Kamis, 19 Januari 2023 - 19:26 WIB

Pindad Perkenalkan Maung, Kendaraan Offroad untuk Pertempuran Jarak Dekat

PT. Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbaruaya, kendaraan operasional satuan untuk medan offroad. Mobil yang diberinama  Maung itu merupakan kendaraan bermesin diesel 4 silinder turbocharged. Diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Direktur Teknologi dan Pengembangan, PT Pindad, Sigit Puji Santosa menuturkan, kendaraan taktis yang dipamerkan merupakan versi ketiga dari Maung. Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

Baca Juga  FX Rudyatmo : Kalau Mau Dapat Ganjaran yang Baik Pilihlah Ganjar Pranowo!

“Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama untuk komandan, seri kedua untuk jelajah itu untuk kombinasi lapangan dan operasional, seri ketiga itu adalah seri untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dilengkapi dengan senjata,” tutur Sigit.

Menurut Sigit, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver.

Baca Juga  Perlu Ada Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru

“Yang ini lebih compact, lebih lincah, lebih agile,” tambah Sigit. 

Usai memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2023, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjajal kendaraan operasional satuan yang dijuluki “Maung” di halaman Kemhan, Jakarta, Rabu (18/01/2023). Presiden juga meresmikan nama “Maung” untuk kendaraan tersebut.

Dalam mobil yang dikendarai langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Presiden Jokowi meninjau pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan.

Baca Juga  DPD RI Punya Legitimasi Kuat untuk Ajukan Capres

Direktur Jenderal Perencanaan Pertahanan, Kemhan, Laksmana Muda TNI Supo Dwi Diantara, menjelaskan bahwa pameran alutsista tersebut digelar untuk menunjukkan industri pertahanan Indonesia yang terus mengembangkan produksi alutsista.

“Ada sekitar 18 alutsista yang kita pamerkan, yang bisa dikunjungi dan disaksikan oleh peserta rapim semuanya,” lanjutnya. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Pagaralam

Berita

Bersaing dalam Kreasi, Pariwisata Pagaralam Naik Daun

Berita

Pembukaan ATF 2023 Berlangsung di Candi Prambanan
Menghub

Berita

Pembangunan Pelabuhan Palembang Baru Gunakan Skema Pendanaan Kreatif Non APBN

Berita

Jokowi, Palestina Selalu Menjadi Perhatian Penting Bagi Indonesia
Wagian Deep

Berita

Wawancanda Wagiman Deep: “Setuju Hukuman Diskon Rizieq Shihab Karena Beliyow itu Imam Jumbo Dunia”

Berita

Leane Suniar Susul Verawaty Fajrin

Berita

Jakarta Harus Tentukan New Positioning Jika Ibukota Pindah

Berita

Workshop Stunting HaloPuan dan IMM di Universitas Muhammadiyah Bandung