Home / Foto & Video

Senin, 20 Mei 2024 - 23:40 WIB

Pameran Foto Ryan LH, Ketika Karat Menjadi Obyek Foto Menarik

Dalam acara opening pameran yang digelar pada 19/5, Ryan yang didamping Dr. Ismet Zainal Efendi, S.Sn., M.Sn (Kurator), dan Risman Marah (Dosen ISI) menyebut, 50 foto karat yang dipajang, merupakan hasil jepretannya dengan kamera handphone di badan kereta api using, yang tergeletak di gudang kereta bekas di Purwakarta, Jawa Barat.

“Saya minta ijin Humas PT KAI untuk memotret dalam waktu tak kurang sehari. Sebetulnya, dari sisi waktu tidak cukup untuk mengumpulkan foto dijadikan pameran, tapi saya tak dapat restu lagi, ketika mengajukan ijin kedua,” ungkap Ryan diadapan 150 tamu, di antaranya puluhan suhu fotografer yakni Don Hasman, Arbain Rambe, Darwis Triadi, Dion Momongan dan lain-lain.

Karat Berlapis Warna

Reflectry terlihat sebagai hasil pemikiran mendalam Ryan LH tentang waktu, kondisi dan keberadaan dirinya untuk seni dan kehidupan.

“Karat seperti menjadi ilustrasi tentang perjalanan usia saya yang tahun ini memasuki angka 50 tahun. Sudah masuk usia karatan,” ungkapnya tergelak.

Baca Juga  "The Ambush", Film Perang Tanpa Wajah Amerika

Pameran foto Reflectry yang digelar bertepatan dengan hari ulah tahun Ryan ke 50 ini, memperlihatkan ragam tekstur karat yang berlapis warna warni, dan memperlihatkan beragam imaji. Agak misterius, unik juga tidak umum.
“Warna-warni di tengah karat yang muncul pada foto itu adalah warna asli yang ada pada badan kereta api, yang mungkin sebelum ini memang telah bolak balik berganti cat. Ketika mengelupas, memperlihatkan semua warna yang pernah menempel, bisa kuning, biru, merah,”kata ayah tiga anak ini.

Pameran yang Disesuai Dengan Kekinian

Dalam pandangan Ismet Zainal Effendi, selaku kurator, dalam Solo Exhibition kali ini, Ryan bukan sekadar asal memajang foto tentang karat yang memacing beragam imaji penonton, tapi juga memperlihatkan karya instalasi dan interaktif yang sesuai dengan generasi zaman kini.

Pada konteks instalasi misalnya, Ryan menghadirkan kepala bemo berkarat tanpa badan, yang didisplay dengan dengan pecahan cermin dengan foto memperlihatkan bentuk mata, di sana juga ditempatkan seonggok rumput yang merambat sekeliling kepala Bemo.

Baca Juga  Timnas Indonesia Bisa Unggul Lebih Banyak atas Malaysia Seandainya…

Kemudian pada karya interaktif, Ryan melibatkan audiens untuk memberi respon pada karyanya dalam wilayah interpretasi pada satu konteks tertentu.

Khusus untuk karya interaktif, Ryan menggelar USWUT Challenge (U SEE What You Think), di mana pengunjung pameran diajak merespon karya interaktif dan memberikan interpretasi personal.

Setiap pengunjung pameran dapat menjadi peserta. Caranya, dengan memilih bola yang tersedia dalam sebuah bowl. Dan di dalam bola terdapat secarik kertas bertuliskan salah satu dari 99 sifat Allah SWT, seperti Al Awwal, Al Muhyi, Al Hayyu dan lain-lain.

Setelah membaca tulisan dalam bola, pengunjung dipersilahkan mencocokan kata yang tertulis, dengan salah satu foto dari 18 foto yang tersaji. Foto yang dianggap cocok dengan tulisan tersebut di tag ke akun instagram @reflectry_, @puka_id, @art.vem.tour. “

Baca Juga  Ketua MPR Bambang Soesatyo Kecelakaan

“Bagi 99 peserta pertama yang ikut akan dikirimkan souvenir kreatif dar Reflectry x Puka,” ungkap Ryan yang menggelar pameran ini di bawah koordinasi bisnis barunya, Artventure.

Risman Marah, selaku Dosen di zaman Ryan kuliah, dan kini menjadi penasehat ahlinya menyebut, dalam Solo Exhibition kali ini memang ada lompatan inovasi dari karya Ryan dibanding dengan pameran tunggal terdahulu bertajuk Colory.

“Cuma kalau Ryan mau masuk (pameran) ke Yogya. Dia harus berani membuat karya baru. Jangan bawa karya ini ke Yogya, bisa habis dibantai (seniman) di sana dia,” ujar Risman yang dianggap sebagai Eyangnya Fotografer Indonesia.

Ryan LH,  fotografer lulusan  Falkultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta 2003,  menggelar Solo Exhibition bertema karat  yang diberi  judul Reflectry   So Far So Good di  Galeri Cemara Jakarta, mulai 19 Mei-3 Juni 2024. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Karikatur Non-O

Esai

Jalan Masih Panjang
Karikatur

Foto & Video

Korupsi Bukan Koentji

Foto & Video

INSTAGRACE: Sophia..oh..Sophia, Usia Hanyalah Angka

Foto & Video

Bahaya Stunting
Sirkuit Mandalika

Berita

Jokowi Presiden Pembalap Pertama di Dunia!

Foto & Video

Becak di Kota Presiden

Foto & Video

Gunung Salak, Jelang Malam
KARIKATUR

Foto & Video

Pandemi Kampanye Politik