Home / Wisata & Budaya

Jumat, 15 April 2022 - 21:15 WIB

Orang Utan di Bukit Lawang Langkat Sumut

Defacto – Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara merupakan salah satu destinasi unik. Di tempat ini wisatawan dapat melihat orangutan di habitat aslinya.

Dalam kunjungannya ke Bukit Lawang, Kamis (14/4/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan rasa kagumnya bisa bertemu dengan salah satu spesies kera yang dilindungi ini secara langsung.

Di tengah pendakian, tiba-tiba seekor orang utan jantan muncul dari tengah hutan dan menghampirinya.

Baca Juga  Menparekraf Sandiaga  Uno Siap Hadirkan F1 Boat Race di Danau Toba

“Tadi saya sempat menemukan suatu sensasi yang luar biasa. Memang saya sempat dilarang oleh Pak Bupati untuk ke atas karena makan waktu tapi Allah menggerakkan langkah saya. Ternyata sampai di sana saya bertemu dengan orang utan dan belum ada namanya,” kata Sandiaga.

Sandiaga menuturkan orang utan tersebut diperkirakan berusia sekitar 20 tahun. “(orang utan) itu seakan-akan menyambut kita datang ke sini,” katanya.

Namun, Sandiaga tidak ingin mendekati orang utan tersebut. Ia lebih memilih untuk melihat orang utan itu dari jauh saja.

Baca Juga  Bupati Magetan Injak Cat di Festival Soerjo 2021

“Kita maunya menjaga kelestarian alam dan itu menjadi suatu pengalaman tersendiri. Ini menjadi sebuah cerita,” kata Sandiaga

Sehingga, Sandiaga pun bertanya ke Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin Husin, untuk memberikan nama bagi orang utan liar tersebut. “Saya usulkan namanya Si Alang, Aset Langka,” ujar Djohar.

Sandiaga pun setuju dan mengapresiasi nama yang diberikan oleh Djohar kepada orang utan tersebut.

Baca Juga  Busana Karung Terigu

Selain itu, Sandiaga juga mengapresiasi kehadiran destinasi wisata Bukit Lawang yang menghadirkan konsep wisata berbasis alam dan berkelanjutan.

“Ini merupakan konsep ekowisata terbaik dan menurut saya ini yang harus kita tingkatkan. Bukan hanya _planet, people, and profit_ tapi juga _peace and partnership_,” ucap Sandiaga.

Turut hadir pula Plt Bupati Langkat, Syah Afandin; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Gunung Dempo

Wisata & Budaya

Wisata Puncak Gunung Dempo, Oii Indahnya!

Wisata & Budaya

Tiga Desa Wisata Wakili Indonesia dalam Ajang “UNWTO Best Tourism Villages”

Wisata & Budaya

Masjid Raya Sultan Riau Penyengat Dibangun Tahun 1803

Wisata & Budaya

Bouganville Negara Baru Pecahan dari Papua Nugini

Wisata & Budaya

57 Jenis Tanaman Buah Hijaukan Kampung Agrinex Ecotourism Pandeglang

Wisata & Budaya

Desa Wisata Nglanggeran Raih Gelar UNWTO Best Tourism Village
TEATER KOMA

Berita

Empat Sutradara Wanita Teater Koma Pentas di Sanggar

Wisata & Budaya

Lewat Festival Gemarikan, Menparekraf Sandiaga Uno Berharap Gizi Masyarakat Membaik