Home / Wisata & Budaya

Senin, 21 Maret 2022 - 16:40 WIB

Menparekraf Sandiaga  Uno Siap Hadirkan F1 Boat Race di Danau Toba

JAKARTA, Defacto – Setelah sukses mengadakan MotoGP di Mandalika, pemerintah terus bergerak untuk kembali menghadirkan sport Tourism berkelas dunia. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno telah memiliki gagasan untuk membawa F1 H20 atau yang lebih dikenal dengan F1 Boat Race.

Danau Toba masuk ke dalam salah satu destinasi super prioritas di era Presiden Jokowi ini menjadi target untuk mendatangkan perekonomian dari kehadiran wisatawan mancanegara. Apalagi Kawasan Danau Toba mencakup delapan kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara meliputi Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasudutan, Samosir, Pakpak Bharat dan Dairi.

Pesona Danau Toba (Foto: Indonesia Travel)

Oleh karenanya, hal ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno berkeinginan untuk membawa Danau Toba kian dikenal belahan dunia. Terlebih, Sandiaga Uno mengatakan melalui event-event bertaraf internasional bisa berpotensi mendongkrak pariwisata di Indonesia, terlebih paskah kebangkitan pariwisata Indonesia usai pandemi Covid-19. Salah satunya diadakan di Danau Toba.

Baca Juga  Gibran Antusias Dukung Turnamen Sepak Bola Antarwartawan di Solo

“Kita akan menghadirkan di Danau Toba Formula 1 di atas air. Dengan adanya event olahraga internasional tematik di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara maka bisa membuat destinasi pariwisata unggulan Indonesia yakni Danau Toba bisa dikenal lagi,” ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Demi memajukan Danau Toba, Sandiaga Uno pun mulai memasang target. Di mana, rencananya F1 Boat Race bisa digelar tahun 2023. Uno mengaku jika Danau Toba memiliki lanskap perbukitan dan danau yang memukau. Tempat ini berpotensi untuk menjadi Avenue penyelenggaraan Event internasional tematik termasuk perhelatan olahraga.

Baca Juga  ‘’Ruh’’ Sadar Wisata Pasar Pundensari Kabupaten Madiun

“Salah satu upaya akselerasi pengembangan Danau Toba dilakukan melalui penyusunan intergrated Tourism Plan sebagai panduan pembangunan segala bidang mulai dari infrastruktur termasuk peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM,” tuturnya.

Jika bicara Danau Toba, maka tidak elok rasanya tidak menyambangi segudang destinasi wisata yang dimilikinya. Salah satu yang wajib disambangi yakni Air Terjun Situmurun. Di mana, Air Terjun Situmurun ini airnya langsung mengalir ke Danau Toba. Air Terjun Situmurun ini berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini memiliki 7 tingkatan di setiap bukitnya.

Baca Juga  Aksilirasi Kajian Media Film Pendek di Mandalika
Air Terjun Situmurun (Foto: @anaktao _ trip)

Nah, untuk mencapai Air Terjun Situmurun maka saat tiba di Bandara Internasional Silangit harus menempuh waktu 2 jam. Sedangkan yang datang dari arah Kota Medan harus memakan waktu sekira 4 hingga 5 jam perjalanan ke arah Parapat.

Dari Parapat, tinggal mencari Pantai Atsari Hotel atau  Pelabuhan Tigaraja dan pelabuhan Ajibata untuk menyewa kapal. Namun lebih baik jika sudah membooking kapal dari jauh-jauh hari agar lebih efektif dan itinerary lebih terjadwal. Lama perjalanan untuk ke tempat ini sekitar 45 menit. Untuk biaya kapal dari Rp1 juta hingga Rp2,5 juta bergantung dengan besarnya kapal. (HW)

Share :

Baca Juga

Lukisan David Allen

Berita

Galeri Nasional Skotlandia Selamatkan Lukisan Langka Abad 18, Bergambar Wanita Kulit Hitam

Wisata & Budaya

Sejuta Pesona Surga Destinasi Wisata di IKN Kota Dunia untuk Semua

Wisata & Budaya

Menparekraf Tinjau “Planogram Goes to Mandalika” di Bandara Lombok

Wisata & Budaya

Menparekraf Resmikan Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Bone Bolango

Wisata & Budaya

Atraksi Budaya Prajurit Solo’ sebagai Ciri dan Atraksi Destinasi

Wisata & Budaya

Menpareparekraf Harap The Hub Equestrian, Archery and Coffee Alternatif Destinasi Wisata Halal di Jakarta
Replika Mona Lisa

Berita

Replika Mona Lisa Terjual Rp 4 M dan Rp 47 M di Artcurial dan Christies! Lukisan Asli Nilainya Berapa Triliun?
Wayang kulit

Berita

Siswa SMP 2 Kabupaten Madiun Nyungging Wayang Kardus dengan Tatah Paku