Home / Berita

Selasa, 31 Januari 2023 - 12:56 WIB

Menparekraf Dorong Sineas Berani Ambil Risiko dalam Berkarya

Defacto – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif khususnya di subsektor film aktif berkarya dengan penuh kreativitas serta berani mengambil risiko seperti memilih genre yang tidak selalu mengikuti selera pasar.

Menparekraf dalam sambutannya secara daring di acara ‘Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Subsektor Film’, pada Senin (30/1/2023), mengatakan mengambil risiko dalam berkarya adalah salah satu kriteria penting agar sukses menjadi seorang sineas atau pelaku subsektor film.

Baca Juga  Sandiaga Uno Rayakan Sumpah Pemuda di Maluku Tenggara

“Beranilah mengambil risiko, judul-judul film atau topik yang kelihatannya berisiko ini ternyata bisa menghadirkan suatu terobosan. Tapi jika kita menghadirkan produk yang baik, maka akan mendapat respons yang positif dari masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Misalnya film tentang kesehatan jiwa berjudul ‘Kukira Kau Rumah’ oleh Prilly Latuconsina yang berhasil mendapatkan jumlah penonton besar. Jadi, bukan semua harus mengikuti genre horor tapi memang ada genre lain yang cukup berisiko.

Baca Juga  Naturalisasi Tak Ada Gunanya!

Menparekraf juga mendorong  para sineas agar terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi, menjaga relasi, mengasah _soft skill_ serta menerapkan prinsip kerja 4AS (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas) dalam berkarya di era industri 4.0 dan society 5.0.

Pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf/Baparekraf akan memfasilitasi dengan memberikan pendampingan maupun hal-hal lain yang diperlukan pelaku ekraf dalam mendukung ekosistem perfilman tanah air. Pelatihan ini menjadi salah satu upaya nyata bahwa Kemenparekraf/Baparekraf hadir dengan program-program yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga  IN MEMORIAM VERAWATY (1 Oktober 1957-21 November 2021)

“Kami terus menunjukkan komitmen untuk membangun dan mengembangkan ekosistem subsektor film dengan kembali menggelar festival film bulanan 2022. Dan untuk 2023 kita akan fokuskan dan festival ini akan menjadi motivasi dan semangat baru oleh para sineas muda untuk selalu berkarya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Share :

Baca Juga

Berita

Menparekraf Tawarkan Investasi Pariwisata ke Pengusaha Properti Dubai

Berita

Dede Sulaeman: Mau Dibawa ke Mana Sepakbola Indonesia?
monyet

Berita

Festival Monyet Lopburi Kembali Digelar, Ribuan Turis Mengunjungi Thailand
VAN GOGH

Berita

Lukisan Van Gogh “Meules de Ble” Terjual 35.9 Juta Dolar US

Berita

Ahok Masuk Bursa Capres, Posisinya di Bawah Gatot Nurmantyo
Sanur

Berita

Pembangunan Gedung Terminal Penumpang di Pelabuhan Sanur Dimulai

Berita

Sandera Gibran
Mahfud MD

Berita

Mahfud MD Dilukiskan sebagai Hakim Bao di Zaman Dinasti Song