Home / Berita

Selasa, 21 Desember 2021 - 04:16 WIB

Lama tidak Terlihat, Mantan Raja Spanyol Juan Carlos Muncul di Turnamen Tenis Abu Dhabi

Juan Carlos

Juan Carlos

Defacto.id – Sehari setelah kasus tuduhan korupsinya dicabut, pada hari Sabtu lalu, mantan Raja Spanyol, Juan Carlos I terlihat tengah menghadiri acara eksibisi Kejuaran Tenis Dunia Mubadala, Abu Dhabi, Sabtu (18/12/2021). 

Juan Carlos Alfonso Víctor María de Borbón y Borbón-Dos Sicilias (lahir pada tanggal 5 Januari 1938), berkuasa sebagai Raja Spanyol selama 39 tahun (1975-2014).

Setelah kemundurannya sebagai Raja Spanyol,  Juan Carlos jarang menampakkan dirinya ke ruang publik, terlebih setelah ia mengasingkan diri ke Uni Emirat Arab pada Bulan Agustus 2020 lalu, akibat kasus tuduhan korupsi yang menimpanya.

Baca Juga  Zinedine Zidane Ogah Tangani Manchester United

Seminggu yang lalu (13/12/2021), pihak kejaksaan Swiss menutup kasus gugatan korupsi yang ditujukan kepada Mantan Raja Spanyol, karena kurangnya bukti. Juan Carlos diduga menerima suap sebesar 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,45 triliun)  dalam sebuah pembangunan kereta api cepat di Saudi Arabia.

Baca Juga  Pujasera Jiwan Milik BUMDesa dengan Manajemen Kekinian

Akan tetapi, setelah melakukan penyelidikan selama tiga tahun, kantor kejaksaan Jenewa mengatakan, bahwa bukti kiriman uang yang masuk ke Bank Swiss milik Juan Carlos, ternyata tidak didokumentasikan secara rinci.

Selain itu, dalam kasus investigasi panjang tersebut, pihak kejaksaan Swiss menambahkan, bahwa “kami juga tidak diperkenankan untuk menetapkan hubungan antara jumlah uang yang diterima Juan Carlos dengan yang ada di dalam kontrak pembangunan kereta api cepat tersebut.”

Baca Juga  Lilin Natal Bagi Pahlawan

Keluhan demi keluhan yang dikeluarkan oleh pihak kejaksaan Swiss dan pihak lain yang kontra dengan Juan Carlos, menimbulkan sebuah tuduhan yang mengatakan kalau mantan Raja Spanyol tersebut memiliki kekebalan hukum.

Walau demikian, Juan Carlos yang kini berusia 83 tahun, membantah kalau dirinya terlibat dalam kasus korupsi—kereta api cepat— dan menyangkal semua tuduhan yang menyebut kalau dirinya kebal hukum. * Icad N.G.

Share :

Baca Juga

Berita

Blanket, Selimut Pelindung Orang Penting yang Harus Selalu Tersedia

Berita

Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ingin Jadi Presiden
Ana de Armas

Berita

Ana de Armas Menggantikan Scarlett Johansson di Film Ghosted

Berita

Ditunggu Kesungguhan Polresta Malang Tuntaskan Kasus Pencabulan dan Penganiayaan Remaja Putri Penghuni Panti Asuhan

Berita

Rifky Balweel Punya Jimat Ampuh, Doa Ibunda Tercinta
George Clooney

Berita

George Clooney Menolak 35 Juta Dolar untuk Bekerja Satu Hari di Sebuah Maskapai

Berita

Pengungsi Afganistan Mendapat Kejutan Menarik, Saat Mereka Terbang Menuju Amerika
Sandra Bullock

Berita

Sandra Bullock dan Keanu Reeves Ternyata Pernah Saling Taksir