Home / Berita

Senin, 23 Januari 2023 - 10:31 WIB

Konten Kreator Sangat Membantu UMKM dan Pariwisata

Defacto – Sebuah gambar bermakna seribu kata, dan sebuah video akan menceritakan sejuta kisah. Konten kreator akan sangat membantu usaha UMKM, terutama di bidang pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dalam pelatihan content creator dan fotografi di Upnormal Coffee Roasters Global Project, Minggu (22/1/2023).

Sandiaga mendorong agar para content creator di Jawa Barat, khususnya di Bandung agar menciptakan konten-konten yang unik dan menarik untuk turut serta mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

Baca Juga  Setiap Kali Bicara, Hardi Membuat Orang Gemetar

Menurut menteri, hampir 60 dari peningkatan penjualan di sektor parekraf berasal dari konten-konten kreatif. Sehingga, pelatihan pembuatan konten kreatif ini memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan content creator dalam mempromosikan sektor parekraf.

“Pelatihan ini diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Kenapa? Karena pariwisata kita sekarang sedang meningkat secara signifikan dan ekonomi kreatif kita juga melesat, jadi para pelaku UMKM harus mampu menciptakan konten kreatif,” kata Sandiaga.

Baca Juga  Pinisi Kenzo Jadi Daya Tarik Baru di Danau Toba

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga menyampaikan dalam menghasilkan konten yang unik dan menarik, para content creator perlu melihat dan menangkap peluang dari tren-tren yang ada di sekitarnya, menjadi diri sendiri, dan memanfaatkan jejaring yang dimiliki. Karena perekonomian masyarakat, khususnya di sektor parekraf akan terus bertumbuh dan berkembang dengan pesat dan perkembangan ini perlu direspons dengan kehadiran konten-konten yang berkualitas.

“Saya optimistis jika masyarakat berjuang dalam kebersamaan, bersatu-padu mengambil peluang maka Jawa Barat dengan destinasi-destinasi wisata yang luar biasa ini bisa menggerakkan ekonomi lokal,” katanya.

Baca Juga  Mengunjungi Rumah Peninggalan Saudagar Medan Abad 19 Tjong A Fie

Dalam kegiatan ini Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M. Paham; Staf Khusus Menparekraf Bidang Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Strategis dan Prioritas, Panji Gurnadi Danuhusodo; dan Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso.

Turut hadir pula Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Alexander Reyaan; dan Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/Baparekraf, Mohammad Amin. (*/hw)

Share :

Baca Juga

Berita

Pinisi Kenzo Jadi Daya Tarik Baru di Danau Toba

Berita

IPW Minta Kapolri Evaluasi Kapolda yang Gagal Terapkan Presisi
puan maharani

Berita

Ziarah Sunyi Puan Maharani di Makam Sang Ayah di TMP Kalibata

Berita

Jakarta Harus Tentukan New Positioning Jika Ibukota Pindah

Berita

Pembukaan ATF 2023 Berlangsung di Candi Prambanan
SharePlay

Berita

Tambah Fitur SharePlay, Pengguna Disney+ dapat Menonton Film Bersama hingga 32 Orang
THE EOCK

Berita

Dwayne “The Rock” Johnson Melakukan Hal yang Lebih Baik
Anthony Joshua

Berita

Tarung Ulang Oleksandr Usyk vs Anthony Joshua dalam Waktu Dekat