Home / Berita / Esai

Rabu, 13 September 2023 - 06:50 WIB

Harta Capres Cawapres

HARTA CAPRES CAWAPRES. Sampai hari ini, baru ada tiga Capres dan satu Cawapres yang akan berkontestasi di Pilpres 2024. Capres Prabowo, Anies, Ganjar dan Cawapres Muhaimin. Berapa total harta kekayaan mereka?

Menurut e-LHKPN, harta Prabowo tercatat Rp2.03 triliun. Anies Rp11.19 miliar. Ganjar Rp13.45 miliar. Muhaimin Rp27.28 miliar. Tidak usah tanya bagaimana mereka mendapatkannya, atau siapa yang mengongkosi Anies wira-wiri naik jet pribadi, misalnya. Sebab, e-LHKPN tidak menjawab hal-hal ceriwis begitu.

Baca Juga  PT INKA Madiun Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Dulu, saya mendukung Jokowi karena ia anak tukang kayu, rakyat biasa. Agar ruang imajinasi rakyat kecil terbuka. Mimpi dan cita-cita jadi Presiden bisa muncul di kepala siapa saja–termasuk Ganjar. Saya mungkin akan memilih Ganjar, karena ia anak pensiunan polisi yang buka warung di rumahnya. Supaya ruang imajinasi rakyat kecil makin terbuka lebar. Mimpi dan cita-cita rakyat jelata bisa makin besar.

Baca Juga  Kolonel Edward Shames, Anggota Terakhir ‘Band Of Brother’ Tutup Usia. Curraheee....!

Karenanya saya senang diajak Anto Baret, sahabat sekaum jalanan, menerima Ganjar di Wapres Bulungan. “Dia ini penulis skenario Si Doel Anak Sekolahan dan pengarang lagu Keluarga Cemara,” kata Anto mengenalkan saya pada Ganjar. Saya tertawa. Atribut semacam itu hanya stempel. Tapi, perbincangan bisa jadi lebih akrab, egaliter, jenaka, terus terang. Dan ketika ada yang ingin membayar sajian singkong, pisang,jagung, gultik, kopi dan mineral, Anto tegas menampik, “Maaf…, kami tidak pernah meminta tamu membeli suguhan.” Itulah adab kaum jalanan menjamu tamu, dan paham pada siapa suara mesti diberikan. **

Baca Juga  Garden Consultant Indonesia dari Cihideung hingga Korea

Harry Tjahjono
13/9/2023

Share :

Baca Juga

Berita

Top! Indonesia Beli Pesawat Angkut Hebat. Lebih Besar Dari Hercules C-130

Berita

Di Setiap Jaman Selalu Ada Seniman Penyeimbang Kekuasaan

Berita

Laksamana Sukardi: Produktivitas Orang Indonesia Sangat Rendah

Berita

LaNyalla Jadi Pembina Paguron Jalak Banten Nusantara
Jalan lintas

Berita

Pembangunan Rel KA Layang Terpanjang Atasi Kemacetan di Simpang Joglo Solo

Berita

Gitaris Rock Toto Buka Warung Makan Asem-asem

Esai

Nyawa Melayang Lagi Di Sepakbola Indonesia

Berita

Wawancara Laksamana Sukardi: Belenggu Nalar a State Crime