Home / Berita / Bisnis & Kuliner

Senin, 6 Desember 2021 - 08:17 WIB

Garden Consultant Indonesia dari Cihideung hingga Korea

Tatang dan Ridwan Kamil

Tatang dan Ridwan Kamil

DeFACTO.id — Cihideung adalah nama desa di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Sejak dahulu kawasan ini terkenal sebagai sentra tanaman hias. Sangat boleh jadi, karena pasokan kembang dari daerah inilah maka Bandung dijuluki sebagai Kota Kembang! 

Di sepanjang jalan desa, Jln Sersan Badjuri, warga menjajakan dagangan mereka berupa aneka rupa tanaman hias, menjadikan kawasan itu bak taman panjang membuat terpesona siapa pun yang melintas. 

Bermula dari bisnis penjualan kembang di pinggir jalan, kini – tak sedikit  petani bunga di Cihideung yang sukses meningkatkan usaha mereka menjadi pemasok besar komoditas bunga untuk pasar Bandung, Jabodetabek dan luar Jawa. 

Baca Juga  Cap Go Meh Singkawang Diharapkan Mampu Gerakkan Perekonomian Masyarakat

Tatang (35), bahkan terbilang sukses mendirikan Garden Consultant Indonesia, sebuah perusahan yang bergerak dalam bidang desainer & konsultan landscape, konstruksi, supplier & distributor tanaman, mengubah taman/ruang, dlsb. 

Tatang yang mengaku hanya lulusan SLTA ini, mulai membuka usahanya sekitar 2008,  meneruskan usaha orangtuanya, H Ade. Garden Consultant Indonesia sendiri dibuat semata untuk mengantisipasi kemajuan zaman, di mana konsumen menghendaki pemasok dan jasa pembuatan taman yang memiliki SDM  mumpuni dan berbadan hukum. 

Baca Juga  Wah, Uni Emirat Arab Borong 80 Pesawat Rafale!

Menurut Tatang, tak terhitung berapa banyak sudah taman yang dibuatnya  di Jakarta.”Taman di Rumah Raffi Ahmad dan Baim Wong adalah sedikit contoh yang kami buat,” ujar Tatang. 

Selain Jakarta dan wilayah  Botadebek, Garden Consultant Indonesia bahkan pernah membuat taman di Korea Utara.

Baca Juga  Putri Mako Lepas Gelar Bangsawan demi Menikah dengan Rakyat Biasa

“Konsumennya orang Korea. Dia ingin  membuat taman yang dihiasi antara lain oleh pohon Pule, jenis tanaman hias berukuran besar. Maka kami boyonglah ke sana, karena jenis pohon Pule tak ada di Korea,” terang Tatang. 

Kantor Garden Konsultan Indonesia terletak di Jalan Sersan Badjuri, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. * HSZ

Share :

Baca Juga

Berita

CCTV Apartemen Diretas, Rekaman Aktivitas Pribadi Penghuni Dijual di Situs Gelap
Luhut B Pandjaitan

Berita

Bukan Pada Haris Ashar, Luhut B Pandjaitan Sering Tanya: Berapa Nilai Matematikamu?

Berita

Masih Terjadi Penimbunan Solar Bersubsidi

Berita

TPF PEN Film: Sejumlah Kurator Kerja Fiktif
Pecel Pincuk

Bisnis & Kuliner

Pecel Pincuk Ndesa Berdaun Jati di Dukuh Klencongan Kabupaten Madiun
Sri Mulyani

Berita

INSTAGRACE: Langkah Sri Mulyani Menapak Maju Capres 2024

Berita

Wah, Uni Emirat Arab Borong 80 Pesawat Rafale!

Berita

Menparekraf Dukung Penindakan Tegas Bagi Wisman yang Langgar Aturan