Home / Berita

Senin, 29 November 2021 - 08:10 WIB

Ganjar Pranowo Jadi Presiden Kalau Mampu Naikan UMP 2021 di Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak bersedia mengomentari panjang lebar tentang pernyataan Ketua KSPI Nanang Setyono, yang menyebut Ganjar layak jadi Presiden jika mampu menaikan UMP 2021. Tetapi jika tidak, Ganjar sama saja dengan tokoh nasional lainnya.

“Nggak ada urusannya. Ini dengan UMP. (Urusannya) Opo?” jawab Ganjar di sela acara Borobudur Marathon 202 di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (28/11/2021).

Ganjar lalu meneruskan aktivitasnya, tidak menjawab pertanyaan lain.

Baca Juga  Sutradara Film Harry Potter Ingin Mengadaptasi “Harry Potter and the Cursed Child”

Sebelumnya Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah menyatakan, Gubernur Ganjar Pranowo layak jadi Presiden kalau mampu menaikan UMP 2021. Tetapi kalau tidak mampu, ya nanti dulu.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KSPI Nanang Setyono.

Menurut Nanang kalau membuat terobosan hukum di dalam menetapkan upah minimum Jateng, Gubernur Jateng itu layak menjadi presiden 2024.

Baca Juga  Prihatin dengan Sepakbola Indonesia Manajer Persiba Kirim "Surat Terbuka" untuk Ketum PSSI

“Tetapi jika gubernur Jateng dalam menetapkan UMK hanya normatif saja tidak berani melakukan terobosan hukum, maka sesungguhnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga sama halnya dengan tokoh-tokoh yang lain dalam kontestasi nasional,” kata Nanang Setyono kepada wartawan, Sabtu (27/11).

Kamis (25/11) massa buruh dari berbagai aliansi di Jawa Tengah menggelar unjuk rasa di depan kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Mereka menantang Ganjar mengeluarkan terobosan kebijakan kenaikan UMP 2022.

Baca Juga  Pertandingan Es Hoki Dihentikan Demi 'Mata'

Aksi buruh itu digelar di Jalan Pahlawan arah Simpang Lima, Semarang. Dalam orasinya massa buruh menolak UMP 2022 hanya naik 0,78 persen sehingga menjadi Rp 1.812.935.

Korlap Aksi, Karmanto dalam orasinya mencontohkan perhitungan di Kota Semarang yaitu UMK 2021 yang sebesar 2.810.000 ditambah biaya kebutuhan untuk pandemi per bulan Rp 449.600, maka UMK Kota Semarang 2022 harus sebesar Rp 3.259.000. man

Share :

Baca Juga

Patung Palmyra

Berita

Pemerintah Swiss Mengembalikan Tiga Patung Kuno Palmyra ke Syria
PRABOWO

Berita

Arahan Prabowo di Apel Terpusat yang Dipimpin KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Berita

Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti Ingin Jadi Presiden

Berita

Usai Diperiksa Intensif, Anak Nia Daniaty Akhirnya Ditahan Polda Metro

Berita

1 Desember 1953, Majalah Playboy Terbit. Marilyn Monroe Jadi Gadis Sampul, Sekaligus Berfoto Telanjang di Halaman Tengah

Berita

HaloPuan Sosialisasikan Manfaat Kelor untuk Lawan Stunting di Bogor

Berita

Rooney Mara Segera Perankan Audrey Hepburn

Berita

Artis Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan Tunggal di Tol Jombang