Home / Wisata & Budaya

Rabu, 23 Februari 2022 - 10:10 WIB

Desa Tetebatu Magnet Wisata Alam di Kaki Gunung Rinjani

Pariwisata berbasis alam dan budaya saat ini menjadi pilihan utama wisatawan dalam berwisata. Hal ini sesuai dengan potensi pariwisata di Indonesia, salah satunya desa wisata.

Sebagai desa yang terpilih menjadi nominasi dalam ajang “UNWTO Best Tourism Villages 2021″, Desa Tetebatu diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa wisata lainnya yang ada di Indonesia, khususnya NTB. Menparekraf juga akan merancang beberapa program yang bisa dikolaborasikan dengan Desa Wisata Tetebatu.

Baca Juga  Penangkaran Merak di Gemarang, Kabupaten Madiun

Wisata alam di Desa Wisata Tetebatu sendiri menjadi magnet pemikat bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi kawasan yang berada lembah Gunung Rinjani ini.

Dari Desa Wisata Tetebatu wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Sangkareang dan Gunung Rinjani. Selain indahnya hamparan sawah terasering, yang paling menggoda dari desa ini adalah dua air terjunnya, yakni air terjun Sarang Walet atau Bat Cave dan air terjun Ulem-ulem.

Baca Juga  Menunggu Para "Racer" Politik Berpacu…

Kemudian wisatawan juga bisa mengunjungi Hutan Monyet Hitam sebagai salah satu hewan endemik asli Tetebatu. Bagi yang hobi _tracking_, Desa Wisata Tetebatu juga mempunyai tempat jalan-jalan yang menyehatkan jiwa dan raga yakni di kebun kopi, cokelat, vanili, dan cengkeh milik masyarakat. Bahkan wisatawan bisa ikut menanam bibitnya, jika musim tanam sedang berlangsung.

Baca Juga  Gustav, Meriam Penghancur Benteng.

Desa Wisata Tetebatu juga lengkap dengan wisata religi dan sejarahnya. Ada Wisma dr. Soedjono, yang dibangun oleh dokter pertama yang ada di Lombok Timur.

Selain itu, ada Alquran kuno yang sudah berusia 200 tahun. Alquran yang terbuat dari bahan kayu dan kulit onta ini konon katanya merupakan asli tulisan tangan. hw

Share :

Baca Juga

Lukisan David Allen

Berita

Galeri Nasional Skotlandia Selamatkan Lukisan Langka Abad 18, Bergambar Wanita Kulit Hitam

Wisata & Budaya

Peluncuran Buku Tjokorde Gde Rake Soekawati
Tangga 2001

Berita

Tangga 2001 Pagaralam yang Baru Bertangga 201 Wajib Disempurnakan
Lima Perupa

Berita

Pameran Lukisan Datan Gingsir Sewu Warsa di Madiun Berakhir

Wisata & Budaya

Napak Tilas Perjalanan Sang Proklamator di Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi
Bandara Atung Bungsu

Berita

Bandara Atung Bungsu Dikembangkan Dukung Pariwisata Pagar Alam

Wisata & Budaya

Penerapan Bebas Karantina Akan Diperluas ke Seluruh Wilayah Indonesia

Wisata & Budaya

Menpareparekraf Harap The Hub Equestrian, Archery and Coffee Alternatif Destinasi Wisata Halal di Jakarta