Home / Bisnis & Kuliner

Selasa, 16 November 2021 - 20:07 WIB

Dari Cameraman TV Beralih Jadi Pedagang Mi Ayam

deFACTO – Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada banyak sektor, termasuk pula terhadap jurnalis. Inilah yang juga dialaki oleh mantan cameraman senior  Cek & ricek dan JakTV, Guril Rusli.

Sejak pandemi, Guril sapaan akrab laki-laki berdarah Makasar ini merasakan sepinya lahan pekerjaan freelance di dunia produksi per-televisian. Akhirnya ia banting setir dengan menjual mi ayam.

Guril Rusli, mantan cameraman tivi yang jadi pedagang mi ayam. (Foto: ist)

“Sejak keluar dari  JakTV aku menjadi freelancer. Biasanya dapat job syuting company profile, video klip dan lainnya. Tapi pandemi ini sangat berdampak. Kerjaan jadi sepi karena terkendala oleh banyak aturan.Tapi untungnya ada ide untuk buka usaha Bakmi ayam Abun.  Walaupun masih punya tabungan, aku sepakat sama istri harus buat gerakan baru agar tak dipandang jadi pengangguran,” tutur Guril.

Baca Juga  ‘’Ruh’’ Sadar Wisata Pasar Pundensari Kabupaten Madiun

Kelahiran Makasar ini berencana mengembangkan sayapnya ke ranah kuliner untuk mengisi kekosongan  pekerjaannya sebagai cameraman. Keinginan membuka usaha kuliner ini pun didukung oleh sang istri tercinta.

Baca Juga  Menparekraf Beri 3 Tips Sukses Berusaha Bagi Pelaku Ekraf di NTB

“Memang Asyik kalau bidang usaha yang kita geluti berjalan sesuai dengan selera kita ,’Pungkas.’ Guril mengaku yang gemar makan bakmi ayam ini.

Guril membuka usaha ini mengalir saja. Ia memanfaatkan jaringan pertemanan untuk mamasarkan dagangannya. Tempatnya berjualan cukup strategis,  berada Rusunawa Kebon Kacang yang terletak di tengah kota. Tempat itu sering dilalui oleh teman-temannya jurnalis. Tidak sedikit yang mampir. Setelah mencoba ternyata banyak yang suka.

Baca Juga  Pagaralam Punya Kopi, Lampung Punya Nama

“Aku buka usaha kuliner Bakmi Abun ini sejak tahun 2013. Tapi baru fokus tahun 2018. Saat itu sedang marak pemutusan hubungan kerja terhadap jurnalis. Guril salah satunya.

“Memang memprihatinkan. Tetapi kita harus segera bangkit. Salah satunya dengan cara seperti ini. Ya semoga pandemi cepat berakhir ya, supaya bisa berjalan lagi normal. Itu sih harapan aku,” pungkas Guril.* dam

Share :

Baca Juga

Batik Kenongo

Berita

Batik Kenongorejo, Hidup Enggan Mati Tak Mau
Pujasera Jiwan

Berita

Pujasera Jiwan Milik BUMDesa dengan Manajemen Kekinian

Bisnis & Kuliner

Menparekraf Beri 3 Tips Sukses Berusaha Bagi Pelaku Ekraf di NTB
Brem Madiun

Bisnis & Kuliner

Brem Kaliabu Madiun Sudah Diekspor ke Turki
Kota Madiun

Bisnis & Kuliner

Masyarakat Kota Madiun Mulai Menggeliat
KIM JONG UN

Berita

Kim Jong Un: Korea Utara Ternakkan Angsa Hitam untuk Pasokan Krisis Pangan
Pecel Pincuk

Bisnis & Kuliner

Pecel Pincuk Ndesa Berdaun Jati di Dukuh Klencongan Kabupaten Madiun
Ayu Azhari

Berita

Ayu Azhari Mencicip Gastronosia Wedus Tugel