Home / Berita

Jumat, 5 November 2021 - 08:44 WIB

Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Dibangun dengan Skema Padat Karya

BENDUNGAN RANDUGUNTING

BENDUNGAN RANDUGUNTING

Bendungan Randugunting

DeFACTO.ID – Kementerian PUPR tengah melakukan tahap akhir pembangunan Bendungan Randugunting Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pembangunan bendungan Randugunting diperlukan untuk menjaga ketersediaan air di daerah Blora yang terkenal memiliki intensitas hujan rendah.

Bendungan Randugunting memiliki luas genangan 187,19 ha dengan kapasitas tampung 14,42 juta m3 untuk mengairi lahan pertanian, pengendali banjir, penyediaan air baku serta pengembangan pariwisata air dan agrowisata.

Baca Juga  Bandara Kertajati, Pengembangan Angkutan Kargo dan Pemeliharaan Pesawat

Progres pembangunan bendungan yang dibangun tahun 2018 ini sudah mencapai 85,7% dan ditargetkan impounding (mengurung air)pada November 2021. Diharapkan pada Maret 2022 tinggi permukaan air sudah memenuhi kapasitas bendungan.

Baca Juga  Mungkinkah Barcelona Bergantung Kepada Para Prajurit Tua?
Suprapto, warga sekitar Bendungan Randugunting

Pembangunan Bendungan Randugunting menggunakan skema Padat Karya Tunai (PKT) yang melibatkan masyarakat setempat untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan alat berat, misalnya menyusun batu urugan dan membangun fasilitas pendukung.

Salah seorang warga Desa Kalinanas, Suprapto, mengaku sangat terbantu dengan bekerja di pembangunan Bendungan Randugunting karena memiliki tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Baca Juga  Sejumlah Tokoh Tandatangani "Maklumat Juanda"

“Selama belum masa tanam, alhamdulillah kami ada tambahan penghasilan bekerja di sini. Nanti kalau sudah selesai, bendungan ini juga memberi manfaat untuk air pertanian di desa kami,” kata Suprapto. *samheru

Share :

Baca Juga

Sido Muncul

Berita

Sido Muncul Raih PROPER Emas KLHK Dua Kali Beruntun

Berita

Meskipun Turun Hujan Warga Citamiang Antusias Datangi Baksos HaloPuan

Berita

OTT Polda Banten terhadap BPN dan Lurah di Lebak Harus Jadi Pintu Masuk Pemberantasan Korupsi

Berita

Daya Kata Wirid Visual

Berita

Pameran Bonsai Kota Madiun

Berita

LaNyalla Minta RKHUP Buang Pasal Karet

Berita

1 Desember 1953, Majalah Playboy Terbit. Marilyn Monroe Jadi Gadis Sampul, Sekaligus Berfoto Telanjang di Halaman Tengah
madonna

Berita

Madonna Gusar Menggugat Puting!